Ekstrem, Motor Matik Vario 2007 Disulap Jadi Moge Gahar

Motor matik vario disulap menjadi moge
Sumber :
  • Dok: AHM

VIVA.co.id - Siapa bilang motor matik Honda Vario tak dapat disulap menjadi motor gede (moge) atau big bike dengan penampilan gahar. Di tangan pria bernama Andre Wiguna, semua itu menjadi nyata.

Bukti begitu ekstremnya modifikasi karya Andre ini juga telah dibuktikan dengan menyabet juara dalam hajatan Honda Modif Contest (HMC) National Final Battle kategori matik yang digelar PT Astra Honda Motor (AHM) beberapa waktu lalu.

Nah, dalam kesempatan ini, VIVA.co.id akan mengulas mengenai motor modifikasi ekstrem karya Andre Wiguna ini.

Ribuan Komunitas Motor Bakal Meriahkan Kontes Modifikasi

Andre Wiguna dengan motor modifikasinya

Menurut Andre, karyanya ini terinspirasi dengan konsep Japanese Style yang melekat pada motor Honda PCX. Dari situlah Andre punya pikiran mengubah Vario buatan tahun 2007 menjadi motor besar bak PCX.

"Konsepnya Japanesse style. Pertama keluar PCX, saya memang langsung senang liat bagian depannya yang besar. Semua saya konsep sendiri," kata Andre.

Andre mengatakan perjuangannya mewujudkan motor modif impian ini tidak terjadi dengan begitu mudah. Kurang lebih Andre butuh waktu tiga bulan untuk membangun motor matik raksasa ini.

"Memang makan waktu lama. Mulai dari konsep bagian depan, tengah, baru belakang. Secara keseluruhan butuh waktu tiga bulan untuk membangun motor ini," ucap Andre.

Ingin Motor Anda Larinya Kencang dan Irit BBM? Ini Caranya

Moge gahar kreasi Andre ini memang mampu tampil beda. Hal itu tentu sangat wajar mengingat hampir semua part asli dari motor varionya dilucuti dan diganti dengan yang lebih ekstrem.

"Hampir keseluruhan custom dari fiber. Kaki-kaki dari custom besi, tengahnya menggunakan cutting laser. Dan yang paling menonjol, shock breaker belakang dipindah ke bagian tengah alias monoshock," terang Andre.



Lebih lanjut Andre membeberkan beberapa perubahan lain diantaranya perubahan garpu depan, velg depan yang dibuat 5 inchi dan belakang 5 inchi setengah. Sedangkan ban depannya, Andre memilih ukuran 140/60 14 dan ban belakang dengan ukura 150/60 14. Tak lupa ia juga menambahkan arm kanan untuk dudukan cakram.

Sedangkan untuk tabung shock diganti dengan combish. Untuk kaliper, ia menggunakan buatan Aprilia. Dan yang tak kalah menarik, tabung filter ternyata custom sendiri. Begitu juga dengan knalpot yang dibuat custom.

Alasan Motor Custom Begitu Digandrungi Artis Indonesia

https://thumbp10-sg3.mail.yahoo.com/tn?sid=1377667515&mid=AEHFCmoAACuYVjaXHQaXgODbeeQ&midoffset=2_0_0_1_1167446&partid=7&f=1909&fid=Inbox&ymreqid=9d297f6f-669d-cec1-01e6-a00006010000&m=ThumbnailService&w=3000&h=3000

Di antara perubahan ekstrem yang dilakukan Andre itu, satu hal menarik yang tentu akan sangat sulit dilewatkan adalah dipasangnya LCD di dashboard tengah.

LCD ini dihadirkan untuk memberikan hiburan termasuk menonton televisi dan mendengarkan musik. Dan uniknya, dashboard ini juga dapat menjadi pengganti spion untuk mengintip objek di belakang.

Saat disinggung mengenai bagian yang paling sulit dalam memodif motor ini, Andre tanpa ragu menyebut saat meracik bagian bodi dan kaki-kaki. "Soalnya, double cakram harus presisi dong," kata Andre.

Terakhir, Andre mengaku telah menghabiskan dana sekitar Rp40 juta untuk dapat menyulap motor matik varionya ini menjadi motor bongsor yang dipastikan akan membuat minder motor matik lainnya.

Honda CBR250RR diproduksi di pabrik AHM Karawang.

RI Jadi Basis Produksi Honda CBR250RR, Kok Bisa?

Motor diproduksi di pabrik AHM Karawang.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016