Bisa-bisanya Honda BeAT Disulap Jadi Begini Buat Lomba 17 Agustus

Honda Beat 2024
Sumber :
  • Astra Honda Motor

VIVA – Masyarakat di seluruh Indonesia merayakan kemerdekaan setiap 17 Agustus. Untuk memeriahkan HUT RI biasanya warga mengadakan berbagai lomba di kantor, rumah, dan sekolah, dengan hadiah yang beragam.

Dilelang Motor Balap Ducati Ini Harganya Setara Beli 7 Alphard Baru

Lomba 17-an yang diadakan juga berbeda-beda, namun umumnya seperti panjat pinang, balap karung, tarik tambang, menghias sepeda, hingga modifikasi sepeda motor dengan kreativitas masing-masing.

Salah satunya mengubah motor menjadi pesawat tempur, seperti yang terlihat dari unggahan video Instagram @gadgetracing. Dalam tayanganya, motor matik berjubah pesawat berjalan di tengah jalan raya yang sepi.

Daftar Harga Honda BeAT per September 2024, Lengkap dengan Spesifikasinya

Honda BeAT modif pesawat buat lomba 17 Agustus

Photo :
  • Screenshot Instagram

Tidak diketahui terkait bahan yang digunakan untuk membuat bodi pesawat di atas motor tersebut, namun, pengendara masih bisa melihat kondisi jalan karena terdapat lubang layiknya jendela di depan.

Cetak Rekor, Sebanyak Ini yang Pakai Jaket Motor Buatan Jepang di Indonesia

Jika diperhatian dari desain velg motor matik tersebut, diduga Honda BeAT, namun sudah dimodikasi, diantaranya menggunakan knalpot racing, ukuran cakram lebih besar.

Bukan hanya itu, dari sektor mesin sepertinya sudah mendapatkan sentuhan modifikasi sehingga dengan mudahnya pengendara itu mengangkat ban depan motor dengan menghentakan tuas gas dari rpm rendah.

“Test ride BeAT spek jet tempur,” tulis statusnya, dikutip, Jumat 16 Agustus 2024.

Honda BeAT sampai saat ini masih menjadi tulang punggung penjualan PT Astra Honda Motor (AHM), motor matik buatan lokal itu pertama kali hadir pada 2008 dengan harga merakyat.

Motor itu hadir untuk menyaingi penjualan Yamaha Mio, bermodal mesin bensin 108cc dengan sistem pengaburan karburator, bentuknya lebih kompak dari Vario, sehingga lebih fleksibel saat digunakan.

Memasuki 2010 matik sejuta umat itu mendapatkan penyegaran dengan berapa ubahan, terutama pada sisi eksterior, namun BeAT karbu hanya setop produksi pada 2012.

Pada saat itu setiap pabrikan mulai mengembangkan pengabutan injeksi agar lebih ramah lingkungan sesuai tuntutan pemerintah, membuat motor yang efisien bahan bakar, dan rendah emisi.

Untuk pertama kalinya BeAT PGM-FI hadir, desainnya berubah total secara bentuk lebih besar dari generasi pertama, bagai, dan joknya lebih lebar. Namun ciri khas suara kasar saat starter masih ada seperti versi karbu.

Memasuki 2014 sampai 2016 versi terbarunya hadir dengan sebutan BeAT eSP, mesin generasi Enhanced Smart Power ini memiliki ubahan pada offset cylinder, roller rocker arm sampai penambahan fitur Idling Stop System (ISS).

Kini BeAT sudah berubah total menggunakan sasis eSAF, yang lebih ringan, dan secara fitur lebih moderen, salah satunya disematkan kunci pintar, dan panel odometer digital.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya