Aksesori Ini Menjadi Penolong Pengguna Mobil dari Jeratan Hukum

Kamera atau Dashcamp di mobil
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Perkembangan teknologi mendorong industri otomotif terus melakukan inovasi, dari berbagai sektor. Salah satunya meracik sejumlah fitur untuk mendukung keamanan, dan kenyamanan pengendara.

Kata Polisi Bukan Rombongon Jokowi Halangi Ambulans, tapi Masyarakat Membludak di Jalan

Sejumlah pabrikan mobil berlomba-lomba membuat produk yang canggih, terutama pada sisi teknologi untuk meningkatkan keamanan ketika berkendara, dengan menyematkan sensor, radar, dan kamera.

Perpaduan peranti tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda, mulai dari membaca marka jalan, objek di sekitar, dan menganalisa gaya berkendara.

Daftar Mobil yang Cicilannya Setara Gaji UMR, Ada Fortuner dan Pajero Sport

Ilustrasi dashcam / kamera dasbor

Photo :
  • Dok: Super Spring

Tapi secanggih apapun mobil yang beredar di pasar Indonesia saat ini, tidak semuanya dilengkapi kamera perekam, atau dashcam. Aksesori tambahan itu biasanya dibeli terpisah, atau sebagai aftermarket.

Demi Curi Perhatian Wanita Ini Jualan Makanan Pakai Mobil Sport

Padahal dashcam sangat berguna ketika berkendara, fungsinya yang dapat merekam kejadian di luar mobil bisa menjadi bukti bahwa pengendara tidak bersalah ketika terjadi kecelakaan, atau insiden di jalan raya.

Terbukti dari salah satu pengguna dashcam lansiran Dekka, yaitu Rizky. Pengendara mobil itu hampir menjadi kambing hitam, karena dianggap bersalah ketika seorang ibu bersama anaknya tiba-tiba terjatuh di depan mobilnya.

Kejadian di Jalan Bambu Larangan, Kalideres, Jakarta Barat, pada 15 Juni 2024 lalu itu sempat memicu kesalahpahaman masyarakat yang melihatnya, karena diduga pengendara mobil itu melakukan kesalahan.

Adanya rekaman dari dashcam, Rizky lolos dari hakiman massa, dan jeratan hukum. Karena terbukti mobil yang dikendarainya tidak menabrak ibu dan anak tersebut, melainkan gagal naik motor yang terparkir di pinggir jalan.

“Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di jalan, namun sekarang setidaknya kita memiliki bukti yang cukup bisa diandalkan,” ujar pengemudi mobil itu ketika menunjukkan rekaman dashcam kepada polisi setempat.

Menanggapi kasus tersebut, Chief Executive Officer PT Superspring sebagai produsen Dekka, Arianto Furiady menjelaskan, bahwa kamera dashboard yang dipasarkan itu memang memberikan solusi yang komplit.

“Artinya harga yang kami tawarkan itu gratis biaya pasang, gratis memory card, dan juga sudah termasuk hard-wire kit. Pembeli tidak perlu repot lagi mencari bengkel tempat pasang, dan tidak ada biaya tersembunyi lainnya," tutur Furiady, dikutip dari keterangannya, Jumat 28 Juni 2024.

Menurutnya salah satu kelebihan dashcam itu harga yang terjangkau mulai Rp900 ribuan untuk tipe satu kamera, hingga Rp2 jutaan untuk tipe 2 kamera yang punya resolusi 4K, tanpa ada embel-embel biaya tersembunyi.

Harga tersebut sudah termasuk gratis pemasangan yang bisa dilakukan di lebih dari 51 kantor cabang PT Super Sring, sekaligus mendapatkan hardwire kit, dan gratis memori untuk menyimpan hasil rekaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya