Suzuki Ignis, 'Anak Baru' yang Geser Popularitas Brio
- VIVA.co.id/Jeffry Yanto
VIVA.co.id – Suzuki Ignis yang resmi diluncurkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada 17 April 2017 lalu menjadi primadona baru. Pasalnya, meski baru meluncur, Ignis sudah berada di puncak penjualan di kelas city car.
Menurut data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diterima VIVA.co.id, penjualan wholesales Ignis dari Maret sampai Juni 2017 mampu tembus 5.524 unit.
Sementara, Honda Brio yang lebih dulu bermain di pasar hanya terjual 5.295 unit dari Januari sampai Juni. Jika terhitung dengan periode yang sama, penjualan Brio yang bukan termasuk keluarga Satya ini hanya tercatat 4.063 unit.
Beberapa waktu lalu, Dony Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, mengatakan, sejak peluncuran (April) sampai 15 Juni, jumlah Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) Ignis mencapai 7.449 unit.
“Dari jumlah SPK 7.449 unit, sebanyak 48 persennya atau 3.575 unit dari GX AGS, dan 34 persen itu GX manual atau 2.521 unit. Kemudian 18 persen varian GL manual, 1.353 unit. Target bulanan 2.000 unit per-bulan, melampaui ekspektasi,” ujarnya di Kemang, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.
Sementara untuk data penjualan wholesales dari kompetitor lainnya ada Nissan March yang tercatat 1.563 unit dari Januari sampai Juni, diikuti oleh Mitsubishi Mirage 1.076 unit, dan Daihatsu Sirion 815 unit. (one)