Toyota Tidak Anggap Sienta Proyek Gagal
- VIVA.co.id/Jeffry Yanto
VIVA.co.id – Beragam model mobil keluarga ditawarkan oleh Toyota di Indonesia. Dari sekian banyak model, Sienta menjadi yang paling berbeda di kelasnya, lantaran mengusung desain bodi kotak dan menggunakan pintu geser.
Model multi purpose vehicle atau MPV berdesain boxy dengan pintu geser memang cenderung dihindari konsumen Tanah Air. Meski demikian, PT Toyota Astra Motor sebagai pemegang merek resmi Toyota di Indonesia masih optimistis menawarkan Sienta kepada pelanggan.
"Memang masih perlu edukasi kepada masyarakat lebih jauh. Tapi, kami masih confident. Mobil ini juga kan belum setahun. Memang perlu waktu, jadi kami masih optimis untuk Sienta," ujar Wakil Presiden Direktur TAM, Henry Tanoto, di Jakarta, Sabtu 3 Juni 2017.
Ia mengatakan, penjualan Sienta memang belum mencapai target yang ditentukan sebelumnya. Padahal, di awal peluncurannya, TAM hanya menargetkan penjualan MPV Sienta sebanyak tiga ribu unit per bulan.
"Sienta penjualan di retail kan lebih stabil. Rata-rata per bulan 1.800--2.000 unit. Tapi memang, pasar MPV pintu geser masih perlu edukasi lebih jauh," tuturnya.
Saat ditanya soal diler yang menawarkan potongan harga hingga puluhan juta untuk Sienta, Henry mengatakan program tersebut merupakan hal yang wajar dilakukan diler.
"Program diler biasa ya. Diler kan gimmick banyak. Ini bagaimana supaya mereka sama konsumen bisa punya hubungan baik. Kalau soal diskon sampai Rp40 juta, saya belum pernah dengar nih. Mesti saya cek dulu," ungkapnya.