Menguak Rahasia Irit Bahan Bakar Suzuki Ertiga Diesel

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yasin Fadilah

VIVA.co.id – Suzuki telah meluncurkan varian terbaru dari segmen low multi purpose vehicle andalannya, Ertiga. Mobil keluarga terbaru itu dilengkapi dengan mesin diesel semi hibrida, yang diklaim teririt di kelasnya. 

Ada Promo Menarik Tukar Tambah Mobil di JAW 2022

Dengan hadirnya teknologi semi hibrida yang diaplikasikan dalam bentuk integrated starter generator (ISG), kinerja mesin dalam menghasilkan torsi bisa terbantu.

Assistant to Department Head Service PT Suzuki Indomobil Sales, Ricky Patrayudha mengatakan, tambahan torsi yang dihasilkan oleh ISG adalah sekitar 50 Newton meter (Nm).

Mobil Pesaing Avanza dan Xpander Dijual Mulai Rp201 Jutaan

"Itu dari ISG-nya. Torsi ISG didesain bisa sampai 50 Nm. Hanya saja, ISG beroperasi bukan menambah tenaga secara keseluruhan ya, tapi pendukung," katanya kepada VIVA.co.id di Jakarta. 

Ricky menjelaskan, tenaga mesin Ertiga diesel yakni sebesar 200 Nm. Dengan adanya ISG, bukan berarti total torsi yang dihasilkan menjadi 250 Nm.

Bocoran Mobil Baru Penantang Avanza, Meluncur Bulan Depan

"Sifatnya tambahan saja. Misalkan, di tanjakan butuh 200 Nm. Dari mesin keluar torsi 150 Nm dan ditambah ISG 50 Nm,” jelasnya. 

Menurut Ricky, sistem ISG bukan didesain untuk menambah performa mesin, tapi hanya untuk membuat pemakaian bahan bakar jadi lebih efisien.

Namun, torsi dari ISG tersebut tidak bisa digunakan jika kondisi aki belum terisi penuh.

"Kalau misalkan di tanjakan dan aki belum terisi cukup, ISG ya tidak jalan juga. Sebab, listriknya itu kan diubah jadi energi gerak untuk membantu torsi. Kalau tidak terisi, akan sia-sia saja," tuturnya.

Suzuki XL7 di Jakarta Auto Week 2022

Semua Mobil Suzuki Diganjar Diskon Besar Sampai 5 Hari ke Depan

Demi menarik perhatian pengunjung, Suzuki secara terang-terangan menawarkan diskon untuk semua mobilnya selama pameran Jakarta Auto Week yang tinggal 5 hari lagi

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022