Masih Bingung Beda Spooring dan Balancing? Ini Jawabannya
- Kiosban
VIVA.co.id – Spooring dan balancing sangat diperlukan guna menunjang performa mobil dan kenyamanan dalam berkendara. Terlebih untuk jenis mobil keluaran lama.
Menurunnya kenyamanan mobil dalam berkendara diakibatkan bergetarnya roda dan kaki-kaki mobil yang tentu saja akan mempengaruhi performa mobil. Mobil biasanya akan mulai bergetar dan tidak stabil kaki-kakinya.
Untuk mengatasi kondisi seperti demikian, spooring dan balancing menjadi solusinya. Namun, sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya mengenal dua istilah tersebut. Agar tidak tertukar tentunya.
Menurut Alvan, supervisor bengkel My Auto di Duren Sawit, Jakarta Timur, spooring adalah proses pelurusan kaki-kaki roda mobil yang disesuaikan dengan kondisi ban dan bodi mobil.
"Spooring tujuannya untuk meluruskan ban mobil dan mengantisipasi ban mobil tidak termakan sebelah. Dengan adanya spooring dapat menyeimbangkan kedua roda tersebut," kata Alvan kepada VIVA.co.id, Selasa, 21 Juni 2016.
Sedangkan balancing, tujuannya adalah berusaha menyeimbangkan putaran keempat roda mobil. "Balancing, tujuanya dia getaran kecepatan tertentu," kata dia.
Ia menjelaskan alasan kenapa mobil harus di spooring dan balancing dikarenakan mobil sering menghantam lobang di jalanan. Dan spooring serta balancing tersebut dapat menunjang kenyamanan mobil, khususnya kaki-kaki mobil.
"Misal di kecepatan 90-100 km/jam getar, harus dibalancing. Semua mobil memiliki perbedaan karakter. Tergantung penggunaanya, dengan seringnya mobil kena jalanan rusak, akibatnya kaki kaki mobil tidak seimbang dan kenyamanan berkendara terganggu. Makanya perlu spooring and balancing," ujarnya.