Toyota Berharap Banyak dari Sienta
- Rushlane
VIVA.co.id – Hadirnya sejumlah mobil terbaru di Indonesia, diprediksi tetap menjadi lahan subur bagi perusahaan yang membuat mobil keluarga dengan kabin lapang seperti Multi Purpose Vehicle (MPV).
Hal ini pula, yang memantik PT Toyota Astra Motor (TAM), selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Toyota di Indonesia, terus melahirkan MPV anyar. Yang terbaru, adalah Toyota Sienta, yang diluncurkan memanfaatkan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 lalu.
Menurut General Manager Marketing and Planning PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, hadirnya Sienta, termasuk bagian stimulus untuk meningkatkan segmen MPV Toyota yang saat ini pasarnya sudah merengkuh 36 persen. Sementara itu, Sport Utility Vehicle (SUV) 21 persen dan compact car 19,6 persen.
“Sienta diperkirakan dapat menyumbangkan total 30 ribu unit per tahun, atau sekira 3.500 unit per bulan," kata Anton Jimmi, saat berbincang dengan VIVA.co.id, Selasa 17 Mei 2016.
Angka segitu, kata dia, sama dengan sumbangan 10 persen untuk kelas MPV Toyota. Tak heran, jika kemudian Toyota menyatakan bakal terus eksis di segmen MPV, meski segmen lainnya seperti SUV terus berkembang beberapa waktu belakangan.
Soal MPV yang masih terus akan populer di Indonesia, tentu senada dengan pernyataan Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto. Kata dia, mayoritas masyarakat Indonesia, memang masih menyukai segmen MPV, baik level bawah maupun medium.
“Pasar MPV akan tetap diminati, asalkan APM bisa menawarkan varian-varian baru dan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia di segmen ini,” ucap Jongkie. (asp)