Benarkah Pajero Sport Terbaru Lebih Irit? Ini Jawabannya
- VIVA.co.id/Herdi
VIVA.co.id - Selain tampil lebih segar, Mitsubishi All New Pajero Sport yang yang resmi diluncurkan PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) diklaim lebih irit lima persen dibandingkan model sebelumnya.
Hal ini pun diungkapkan Corporate GM Global Pickup Project Promotion Office of Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Koichi Namiki, saat peluncuran All New Pajero Sport di kawasan Senayan, Jakarta, Jumat 29 Januari 2016.
"Jika menempuh jarak 100 km, dengan mesin baru, untuk varian 4x2 konsumsinya 8,0 liter, sementara 4x4 sebanyak 8,1 liter," ujar Namiki.
Selain lebih irit, lanjut Namiki, Pajero Sport generasi kedua juga lebih bertenaga berkat Gear ratio yang lebih dekat. Dengan begitu, lanjutnya akselerasi mobil akan lebih cepat.
“Misal, dengan kecepatan 100 km/jam. Kalau menggunakan transmisi lima percepatan rpm di angka 2.000 rpm, sedangkan transmisi delapan percepatan rpm hanya 1.700 rpm," ujarnya.
Namun sayang, penerapan mesin terbaru ini hanya diterapkan pada varian Dakar, yaitu mesin disel 4N15 berkapasitas 2,4 liter MIVEC Turbocharged dan Intercooler yang mampu menghasilkan tenaga 178 Hp dan torsi 429,5 Nm.
Sementara untuk varian Exceed 4x2 A/T dan GLX 4x4 M/T, tetap dipasang mesin lama yakni mesin disel 4D56 2.5 liter DI Commonrail Turbocharged and Intercooled DOHC.
Adapun alasan mesin lama masih dibenamkan, menurut Mitsubishi karena mesin tersebut masih familiar dan tak menjadi masalah terkait regulasi emisi bahan bakar.
Mesin 4D56 juga disebut-sebut masih digunakan beberapa model Mitsubishi lainnya seperti L300, Triton dan Pajero Sport lawas.