Terios Edisi Terbatas Laris Manis, Daihatsu Tambah Kuota?
- Dian Tami/VIVA.co.id
VIVA.co.id - Dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015, yang sudah selesai digelar beberapa waktu lalu, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengklaim tidak mematok target penjualan yang tinggi.
Sebaliknya, perusahaan asal Jepang yang merupakan bagian dari Astra Group itu, menjadikan GIIAS sebagai sarana edukasi untuk memperkenalkan jajaran produk Daihatsu dan teknologi yang mereka kembangkan.
Menariknya, dalam hajatan otomotif terbesar di Asia Tenggara itu, Daihatsu menjual dua mobil SUV (sport utility vehicle) dengan tampilan berbeda, yang disebut Terios Limited Edition, sebanyak 10 unit, dan semuanya sudah ludes dibeli konsumen.
Terios R MT Limited Edition dibanderol Rp239,3 juta, dengan jumlah sebanyak enam unit berwarna putih, dan Terios R AT Limited Edition dilepas seharga Rp253,2 juta, sebanyak empat unit berwarna putih.
Dengan hadirnya Terios edisi terbatas, pertanyaan pun timbul, akankah Daihatsu kembali memproduksi kembali guna meningkatkan penjualan?
"Permintaan mobil Terios yang sama dengan waktu di GIIAS memang ada, tapi tidak terlalu banyak, tidak signifikan untuk bikin produksi lagi," ungkap Direktur Marketing ADM, Amelia Tjandra, di acara Terios 7 Wonders Borneo Wild Adventure, Pulau Maratua, Kalimantan, Selasa 21 September 2015.
Alasan ADM tidak menambah kuota Terios edisi terbatas, kata Amelia, untuk menghindari kekecewaan konsumen yang telah membeli di pameran.
Yang membedakan varian Terios Limited Edition di antaranya model velg yang lebih beragam dengan balutan cat krom dan hitam, side body molding, kabin dibalut dengan kulit, mulai dari jok, doortrim sampai bagian lingkar kemudi, serta adanya emblem Limited Edition di bagian karpet dan juga pintu belakang.
"Varian ini merupakan hasil kolaborasi dari Terios Adventure, sehingga harganya beda sekitar Rp11 jutaan. Kalau ditambah lagi, feel-nya jadi kurang. Itu kan beda dengan yang Ayla, kalau Ayla itu kan spesial edition," jelasnya.