Menjajal Ketangguhan New Fiesta EcoBoost di Jalur Tengkorak

New Fiesta EcoBoost.
Sumber :
  • VIVAnews/Satria Permana

VIVAnews - New Fiesta EcoBoost 1.0L rupanya kini menjadi salah satu produk mobil andalan PT Ford Motor Indonesia (FMI). Hal itu dinilai beralasan, lantaran New Fiesta berhasil menjadi mobil paling irit dan bertenaga di kelasnya.

Resep istimewa itu ternyata berasal dari rahasia mesin EcoBoost yang ditanamkan pada mobil tersebut. Meski mesin 1.0L disebut berkapasitas kecil, berkat teknologi EcoBoost yang dijejali, New Fiesta dapat menyemburkan tenaga yang cukup gahar.

Beberapa waktu lalu, VIVAnews berkesempatan untuk menjajal New Fiesta EcoBoost 1.0L dalam acara Media Tes Drive di Bali. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangannya? Berikut ulasannya:

Interior

Saat memasuki ruang kabin New Fiesta, hal yang paling menonjol ialah bagian jok yang terasa nyaman. Saat tubuh mendarat, jok yang didapuk mobil ini seakan tengah memeluknya erat-erat.

Bicara fitur, New Fiesta juga dilengkapi hamparan peranti yang bakal memanjakan pengendaranya. Sebut saja sistem Ford SYNC yang memungkinkan pengendara menjawab telepon dan memilih lagu melalui bluetooth atau USB.

Gempa Bumi 5.0 Magnitudo Guncang Kabupaten Bandung, Sejumlah Fasilitas Terdampak

Tak hanya itu, terdapat pula fitur yang memungkinkan pengendara mengetahui isi SMS hanya dengan menggunakan perintah suara.

New Fiesta juga dilengkapi dengan teknologi Smart Keyless Entry yang memungkinkan pemilik untuk mengunci, membuka pintu, dan menyalakan mesin tanpa kunci.

Hanya saja, ruang di kursi bagian belakang cukup sempit dan lebih nyaman jika hanya ditumpangi dua orang. Jika mobil diisi lima orang, bagian belakang terasa sangat sesak.

Performa

Bicara performa, tenaga mobil hatchback ini rasa-rasanya tak perlu diragukan lagi. Mesin EcoBoost yang digendong New Fiesta telah dinobatkan sebagai mesin mobil terbaik di dunia untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

Meski hanya bermesin kecil, alias 1.000 cc, mobil ini disebut-sebut punyai tenaga yang luar biasa dan juga irit bahan bakar. Resepnya ternyata berasal dari sistem direct fuel injection, turbo charging, serta variable valve timing yang diadopsi New Fiesta EcoBoost 1.0L.

Saat kaki menyentuh pedal gas, tenaga yang dihasilkan mesin New Fiesta sangatlah luar biasa. Bahkan, saat mencapai angka 40 km/jam saja, terasa sangat responsif.

Pantas saja, mesin ini rupanya dapat menyemburkan tenaga hingga 120 Ps. Padahal, Fiesta jenis lawas yang memiliki mesin 1,5L, hanya mampu menghasilkan tenaga 112 Ps dengan torsi 140 Nm.

Selama menyusuri beberapa kawasan di Bali, New Fiesta terbukti tangguh dalam mengatasi berbagai medan. Di jalan berlubang, guncangan di dalam New Fiesta tidak terlalu terasa.

Saat bermesraan dengan rute Pantai Pandawa dan Pantai Padang, performa New Fiesta teruji tangguh. Rute itu merupakan salah satu "jalur tengkorak" di Bali, di mana terdapat tanjakan, turunan, jalanan yang licin serta tikungan yang cukup tajam.

Meski punya teknologi yang rumit dan tenaga yang besar, New Fiesta ternyata tergolong hemat. New Fiesta bisa menempuh jarak hingga 19 km untuk menghabiskan satu liter bensin. (art)

Baca juga:

Alasan Jokowi Belum Teken Keppres Pemindahan IKN: Tunggu Semuanya Siap
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Heru Budi: Utang Formula E Tak Dibayar Pakai APBD Jakarta 2025

Penjabat (Pj) Gubernur Jakarta, Heru Budi Hartono memastikan pembayaran sisa biaya komitmen atau commitment fee ajang balap mobil listrik Formula E Jakarta, tak menggunak

img_title
VIVA.co.id
18 September 2024