Mitsubishi XForce Hybrid vs Toyota Yaris Cross Hybrid, Siapa yang Paling Irit BBM?
- Mitsubishi Motors
VIVA – Mitsubishi Motors resmi meluncurkan Mitsubishi XForce HEV (Hybrid Electric Vehicle) di Bankok, Thailand, Kamis 20 Maret 2025. Artinya menjadi model kedua setelah Xpander dan Xpander Cross Hybrid.
“Mitsubishi Motors bangga menambahkan model XForce HEV ke jajaran produk kami di Thailand, yang merupakan salah satu pasar terpenting kami,” ujar Presiden Direktur dan CEO Mitsubishi Motors Takao Kato, dikutip dari keterangannya.
Sistem hybrid Mitsubishi XForce HEV
- Mitsubishi Motors
XForce Hybrid dibekali mesin bensin MIVEC empat silinder DOHC berkapasitas 1.600cc dengan 16 katup. Enjin pembakaran itu dikombinasikan dengan baterai, dan motor listrik untuk membantu penggerak roda depan.
Serupa dengan Yaris Cross Hybrid, bahwa system hybrid yang digunakan Mitsubishi adalah parallel-serial. Artinya tugas mesin pembakaran bukan hanya menggerakkan roda, namun juga membantu pengisian baterai.
Kedua roda depan berputar dengan tenaga listrik murni dalam kondisi tertentu, dan bisa bergerak seutuhnya dari mesin pembakaran, atau secara kombinasi. Baterai juga bisa terisi saat deselerasi, atau pengereman regeneratif.
Untuk mendukung kinerja hybrid, Mitsubishi juga menyematkan sistem transaxle 2-percepatan pada transmisi matiknya yang telah diadopsi untuk memastikan ketenangan pada kecepatan tinggi, dan akselerasi saat menanjak.
Selain itu, motor, generator, dan transmisi telah terintegrasi, yang secara signifikan mengurangi kebisingan frekuensi tinggi.
Motor listrik penggeraknya punya tenaa 85 kW atau setara 113,9 dk. Berkat kombinasi dua sumber energi tersebut efisiensi bahan bakar XForce meningkat secara termal lebih dari 40 persen dari versi konvensional.
Melalui pengujian internal mereka, konsumsi BBM XForce Hybrid diklaim 24,4 kilometer per liter. Tapi sayangnya tidak dijelaskan tenaga maksimal dan torsi yang dihasilkan dari mesin pembakarannya.
Berkaca dari data tesebut, artinya Yaris Cross Hybrid masih jauh lebih irit dari XForce Hybrid. Melalui data di atas kertas Toyota mengklaim berdasarkan pengujian internal mereka konsumsi BBM-nya tembus 31 km per liter.
Toyota Yaris Cross HEV di GIIAS 2024
- Toyota Astra Motor
Secara volume silinder lebih kecil, karena Yaris Cross Hybrid mengadopsi mesin bensin empat silinder berkapasitas 1.496cc DOHC dengan 16 katup Dual VVT-I, dikombinasikan dengan baterai 0,7 kwh dan motor listrik penggerak roda depan.
Tenaga yang dihasilkan dari mesin pembakarannya 67 kw atau 89,8 dk di 5.500 rpm dan torsi 121 di 4.000-4.800 rpm, sedangkan tenaga dari dua motor listriknya 59 kw atau 79,1 dk dan torsi 141 Nm.
Yaris Cross Hybrid didukung dengan stransmisi e-CVT untuk memastikan aliran energi yang optimal, dan power split device yang berperan mengaturan aliran tenaga antara motor listrik dan mesin pembakaran.