Komparasi Compact SUV: Jetour Dashing, Honda HR-V dan Hyundai Creta
- VIVA/Yunisa Herawati
Jakarta, VIVA – Persaingan di segmen SUV kompak semakin ketat dengan hadirnya berbagai model yang menawarkan fitur dan teknologi beragam. Salah satu model yang menarik perhatian adalah Jetour Dashing, yang bersaing dengan Honda HR-V dan Hyundai Creta.
Berikut perbandingan dari ketiga kendaraan tersebut berdasarkan berbagai aspek, hasil rangkuman VIVA Otomotif Kamis 13 Maret 2025:
Jetour Dashing
- Jetour Indonesia
Dimensi dan Desain
Jetour Dashing memiliki dimensi 4.590 x 1.900 x 1.685 mm dengan wheelbase 2.720 mm, lebih panjang dibanding HR-Vdan Creta yang memiliki wheelbase 2.610 mm.
Ground clearance Jetour Dashing 210 mm, lebih tinggi dibanding HR-V (196 mm) dan Creta (200 mm), yang dapat memberikan keunggulan dalam berbagai kondisi jalan.
Honda HR-V Modulo Edition di IIMS 2025
- Honda Prospect Motor
Performa dan Transmisi
Dari segi performa, Jetour Dashing menggunakan transmisi 6-speed DCT, sementara HR-V memakai CVT dan Creta AT. Dalam uji akselerasi 0-100 km/jam, Jetour Dashing mencatat 10,5 detik, sementara HR-V 13,6 detik dan Creta 12 detik.
Kecepatan maksimal Dashing dan HR-V setara, yaitu mencapai 180 km/jam. Keduanya lebih tinggi dibanding Creta (170 km/jam).
Fitur dan Teknologi
Jetour Dashing dilengkapi dengan kamera 540 derajat, sedangkan HR-V dan Creta memiliki kamera 360 derajat. Fitur Panoramic Parking Assist dan Transparent Territory View juga tersedia pada Jetour Dashing.
Dari segi infotainment, layar 10,25 inci pada Jetour Dashing lebih besar dibandingkan HR-V dan Creta yang memiliki layar 8 inci. Selain itu, fitur Wireless CarPlay dan Wireless Charging 50W juga menjadi nilai tambah.
Hyundai Creta N-Line
- Hyundai Motors Indonesia
Kenyamanan dan Keamanan
Ketiga model ini memiliki jumlah airbag yang sama, yaitu enam unit. Jetour Dashing menawarkan sunroof panoramic, kursi dengan premium leather dan electric lumbar support, serta suspensi multi-link di bagian belakang, sementara HR-Vdan Creta menggunakan suspensi torsion beam