Bukti Toyota Gazoo Racing Diminati Orang Indonesia

Toyota Agya Stylix with GR Aeropackage
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad Indra Nugraha

VIVA – Toyota menjadi mobil terlaris di Indonesia sampai saat ini. Jenama asal Jepang tersebut saat ini memiliki lineup yang lengkap untuk kelas mobil penumpang seperi city car, hatchback, MPV, SUV, dan sedan.

Berdasarkan data Gaikindo penjualan mobil Toyota dari diler ke konsumen 2024 mencapai 293.788 unit dengan pangsa pasar 33 persen, dan memasuki Januari 2025 penjualannya 21.553 unit dengan market share 33,8 persen.

Ekspor Mobil Hybrid Toyota Melejit, Veloz Hybrid Siap Menyusul?

Toyota Gazoo Racing di IIMS 2025

Photo :
  • Jeffry Yanto Sudibyo


Adapun dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya penjualan Toyota mengalami penurunan, walaupun tetap menjadi yang terlaris.

Sebagian besar mobil yang dipasarkan produksi di dalam negeri, dan hampir semua produknya untuk varian tertinggi mendapatkan sentuhan dari rumah modifikasi Gazoo Racing (GR), sebagai pengganti TRD Sportivo.

Mobil Toyota yang jadi varian tertinggi dengan embel-embel GR Sport di belakang namanya itu memiliki tampilan lebih sporti berkaf aksesori yang menempel di eksterior, interior, hingga penyesuaian sektor kaki-kaki layiknya Fortuner dan Agya.

Selain itu produk mereka yang diberikan nana GR Sport di belakang ada Raize, Yaris Cross, Corolla Cross Hybrid, Rush, hingga Land Cruiser. Artinya didominasi mobil SUV. Sedangkan untuk MPV andalan mereka, yakni Innova Zenix menggunakan nama Modellista.

Penggunaan nama rumah modifikasi yang biasa terlibat dalam ajang balap tersebut berhasil membius masyarakat Indonesia. Pasalnya, varian tertinggi atau GR Sport dari masing-masing model selalu menjadi yang terlaris dibandingkan tipe menengah ke bawah.

Marketing Direktur PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, ternyata sebagian konsumen di Tanah Air menginginkan mobil yang bukan sekadar fungsional, namun ada unsur emosional untuk memenuhi hasratnya saat berkendara.

"Dari sisi produk sudah semakin lengkap, pertama GR Yaris terbaru, dan beberapa varian baru termasuk Agya Stylix. Total mulai dari yang murni sampai sekadar aksesori ada 15 varian, dan tipe GR mendominasi penjualan dari masing-masing model 60-80 persen," ujar Anton di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu 19 Februari 2025.

Lebih lanjut Anton menjelaskan bahwa dari semua segmen varian GR Sport mendominasi penjualan, paling rendah 60 persen seperti halnya Fortuner atau Corolla Cross. Karena orang-orang Indonesia menurutnya mau yang tipe paling tinggi untuk merasakan handling berbeda, dan tampilan sporti.

Adapun kehadiran Agya Stylix GR Sport di IIMS 2025 merupakan jawaban yang dibutuhkan konsumen selama ini. Karena mobil perkotaan dengan tampilan sporti itu secara harga masih terjangkau atau sekelas dengan LCGC (Low Cost Green Car).

"Adanya Agya Stylix akan menambah penjualan tipe GR Sport 5-10 persen kira-kira 1.800-2.000 unit. Apalagi penambahan harganya hanya sekitar Rp3 jutaan karena kita mempertahankan Agya Silkis ini tetap di segmen LCGC," sambungnya. 

Pemilik Mobil Elektrifikasi Toyota Dapat Parkir Gratis di Jakarta, Ini Lokasinya
Toyota Innova Zenix Hybrid di IIMS 2025

Penjualan Mobil Hybrid Toyota Tahun Ini Meroket, Innova Zenix Paling Diburu

Toyota masih menjadi pemimpin pasar otomotif secara nasional dengan meraih pangsa pasar 34,6 persen secara wholesales, dan retail 32,7 persen. Dari angka tersebut penjual

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2025