Cerita Operator Bus Hadapi Beratnya Persaingan Selama 35 Tahun
- PO SAN
Jakarta, VIVA- Di Indonesia, perusahaan otobus (PO) memainkan peran penting dalam melayani perjalanan antarkota maupun antarprovinsi. Salah satu yang menonjol adalah PO. Siliwangi Antar Nusa (SAN).
Direktur Utama PO. SAN, Kurnia Lesani Adnan, mengungkapkan bahwa perjalanan mereka di tanah air tidak mudah. Perusahaan transportasi ini terus menghadapi berbagai tantangan, seperti persaingan dengan harga tiket pesawat yang sangat murah pada 2014-2015 dan dampak pandemi COVID-19 yang hampir menghentikan seluruh kegiatan ekonomi.
"Semua tantangan berat itu bisa diatasi dan dilewati SAN dengan baik. Hal itu karena SAN didukung oleh penumpang setia yang selalu memilih SAN sebagai teman dalam perjalanan Sumatera-Jawa," ujar pria yang akrab disapa Sani itu dalam keterangan yang diterima VIVA di Jakarta, Senin 27 Januari 2025.
Dalam kesempatan sama, Wakil Direktur PO. SAN, Kurnia Lesari Adnan, juga menambahkan bahwa jumlah penumpang PO. SAN pada tahun 2024 hampir mencapai 300.000 orang, jumlah yang bahkan lebih banyak dibandingkan dengan tahun 2019, sebelum pandemi. Hal ini menunjukkan kepercayaan yang tinggi dari masyarakat terhadap layanan PO. SAN.
"Tentunya hal ini merupakan apresiasi kami kepada penumpang setia yang selalu mendukung kami. Kami sangat berterima kasih atas kesempatan serta ruang yang diberikan agar kami terus berkembang menjadi lebih baik,” kata Sari.
Dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-35, perusahaan ini menghadirkan sejumlah program spesial sebagai bentuk apresiasi kepada para penumpangnya. Salah satunya dalah potongan harga hingga 35 persen untuk semua rute perjalanan pada 30 Januari 2025.
Penumpang dapat menikmati diskon ini dengan membeli tiket melalui Buzzit atau agen resmi penjualan tiket PO. SAN.
Selain itu, mereka memberikan fasilitas makan gratis kepada penumpang yang menggunakan layanan mereka selama tiga hari berturut-turut, mulai dari 29 hingga 31 Januari 2025. Penumpang berhak mendapatkan satu kali servis makan di rumah makan rekanan SAN, sebagai bentuk perhatian terhadap kenyamanan dan kepuasan pelanggan selama perjalanan.
Tak kalah menarik, untuk keberangkatan pada 30 Januari 2025, PO. SAN juga akan mengundi doorprize spesial bagi penumpang yang beruntung. Hadiah-hadiah menarik seperti sepeda listrik, handphone, minigold, televisi, dan berbagai barang elektronik lainnya akan dibagikan sebagai ucapan terima kasih atas loyalitas yang telah diberikan selama 35 tahun.