Daihatsu Buka Rahasia Sigra Laku Keras 4 Tahun Berturut-turut
- VIVA/Yunisa Herawati
Jakarta, VIVA – Daihatsu berhasil mencatatkan penjualan ritel sebanyak 168.263 unit sepanjang tahun 2024. Pencapaian ini didukung oleh tiga model utama, yakni Daihatsu Sigra, Gran Max Pick Up, dan Terios. Sigra, mobil LCGC MPV, menjadi kontributor terbesar dengan 54.366 unit terjual, menyumbang 32% dari total penjualan.
Gran Max Pick Up menyusul dengan 41.703 unit (25%), sementara Terios mencatatkan penjualan 19.873 unit atau 12%.
Di peringkat berikutnya, Daihatsu Ayla, mobil LCGC Hatchback, mencatatkan penjualan 18.588 unit atau 11%. Gran Max Mini Bus berada di urutan lima dengan 15.040 unit (9%), diikuti Xenia dengan 11.014 unit (7%).
Model lain seperti Rocky, Luxio, dan Sirion juga memberikan kontribusi dengan total penjualan lebih dari 7.000 unit atau sekitar 4%.
Keberhasilan ini tak lepas dari berbagai kemudahan yang ditawarkan Daihatsu, seperti kredit fleksibel melalui perusahaan leasing, layanan purnajual yang memudahkan pelanggan, program tukar tambah (trade-in), serta promosi dengan hadiah.
Tri Mulyono, Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan.
“Pencapaian ini mencerminkan komitmen kami untuk menyediakan mobil sesuai kebutuhan pelanggan, khususnya pembeli mobil pertama. Kami berharap pasar otomotif Indonesia tumbuh pada 2025, dan Daihatsu terus berkontribusi positif pada industri ini,” tuturnya.
Direktur Marketing dan Direktur Planning & Communication Astra Daihatsu Motor, Sri Agung Handayani, menambahkan bahwa pada 2024 Daihatsu kembali menduduki posisi kedua selama 16 tahun berturut-turut dengan pangsa pasar 19%.
“Sigra memimpin pasar dengan market share 58% selama empat tahun terakhir, sementara Gran Max Pick Up dan Mini Bus juga menjadi pemimpin di segmennya dengan pangsa pasar masing-masing 56% dan 91%.”