Selama 16 Tahun Daihatsu Jadi Mobil Terlaris ke-2 di RI, Ini Model Paling Diburu
- Astra Daihatsu Motor
VIVA – Penjualan mobil baru sepanjang tahun ini mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu, baik secara retail atau wholesales, seperti yang terlihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).
Tercatat penjualan mobil baru dari pabrik ke diler, atau wholesales sepanjang Januari-Desember 2024 hanya 865.723 ribu unit. Artinya ada depresiasi 13,9 persen dibandingkan 2023 yang masih terjual 1.005.802 unit.
Kemudian dari penjualan diler ke konsumen atau ritel 889.680 ribu unit, menurun sekitar 13 persen dari tahun lalu yang masih mencatatkan penjualan sebanyak 998.059 unit. Di tengah penurun tersebut, Daihatsu masih bertengger di posisi kedua dari daftar merek terlaris.
Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan, bahwa selama 16 tahun perusahaan berhasil menduduki posisi kedua sebagai brand mobil terlaris di Indonesia.
"Total market 890 ribu market dan kita 168.200 (retail) penjualan, dengan market share kurang lebih 19 persen," ujar Agung di Jakarta, Kamis 16 Januari 2025.
Dari pencapaian retail tersebut ada beberapa model Daihatsu yang paling diburu konsumen pada tahun lalu. Adapun kontribusi terbesar bukan datang dari Xenia, atau Ayla, melainkan Sigra dan Gran Max.
"Beberapa model market leader, Sigra kurang lebih sudah 4 tahun (penyumbang terbesar) dan meraih pangsa pasar 58 persen, Gran Max pikap market sharenya 56 persen, dan Gran Max minibus 91 persen," tuturnya.
Sigra sebagai MPV 7-penumpang paling laris di kelas LCGC (Low Cost Green Car), penjualannya lebih banyak dibandingkan Toyota Calya sebagai saudara kandungnya, serta beberapa city car seperti Agya, Ayla, dan Brio Satya.
Sepanjang 2024 Sigra berhasil terjual 54.366 unit, atau berkontribusi 32 persen dari total penjualan Daihatsu. Sementara urutan kedua ada Gran Max pikap yang terjual 41.703 unit, dan Terios yang meramaikan segmen Low SUV terjual 19.873 unit.