Ribuan Mobil Honda Kena Recall, Kendaraan Anda Termasuk?
- Carscoops
Jakarta, VIVA – PT Honda Prospect Motor baru-baru ini mengumumkan program pembaruan produk untuk memastikan kendaraan-kendaraan Honda tetap berada dalam kondisi aman dan berkualitas tinggi.
Program ini mencakup pemeriksaan serta penggantian komponen pada beberapa model, yakni Honda Civic, All New Honda CR-V, dan All New Honda Accord, yang teridentifikasi memiliki komponen yang berpotensi bermasalah.
Komponen yang terlibat dalam program pembaruan ini terdiri dari dua bagian utama. Pertama, adalah komponen Steering Gearbox yang pada beberapa kendaraan berpotensi menimbulkan masalah seperti suara abnormal. Kendaraan yang teridentifikasi dengan masalah ini meliputi Honda Civic RS produksi 2021–2024, Honda Civic Type R tahun produksi 2023–2024, serta All New Honda CR-V produksi 2023–2024, dengan total 7.632 unit yang terlibat.
Penggantian komponen Steering Gearbox diperkirakan akan memakan waktu antara satu hingga empat jam.
Kedua, adalah komponen High Pressure Fuel Pump, yang berpotensi menyebabkan bau bahan bakar di dalam kabin kendaraan. Sejumlah 4.020 unit kendaraan teridentifikasi dalam program ini, yang terdiri dari All New Honda Accord RS e:HEV tahun produksi 2024, dan All New Honda CR-V RS e:HEV tahun produksi 2023–2024.
Pemeriksaan atau penggantian komponen ini diperkirakan memerlukan waktu sekitar 1 jam.
Untuk memastikan kendaraan Anda termasuk dalam program ini, pemilik kendaraan dapat memeriksa Nomor Rangka (VIN) kendaraan melalui link pud.honda-indonesia.com.
Namun demikian, tidak semua kendaraan dengan tahun produksi yang disebutkan dalam program ini terlibat, sehingga penting untuk memeriksa data kendaraan Anda.
Jika kendaraan Anda teridentifikasi, Anda dapat mengunjungi dealer resmi Honda terdekat untuk melakukan pemeriksaan atau penggantian komponen. Program ini mulai berlaku pada Jumat, 3 Januari 2025, dan seluruh proses pemeriksaan atau penggantian dilakukan tanpa biaya.
Sales & Marketing and After Sales Director HPM, Yusak Billy, mengklaim pihaknya selalu berkomitmen pada keselamatan dan kenyamanan pelanggan.
“Oleh karena itu, kami mengambil langkah proaktif ini untuk memastikan bahwa kendaraan Honda tetap memenuhi standar kualitas dan keamanan yang telah kami tetapkan. Seluruh pelanggan yang kendaraannya teridentifikasi berhak mendapatkan pemeriksaan atau penggantian komponen,” kata dia dalam keteragan yang diterima VIVA, Jumat 3 Januari 2025.