Taruhan Besar VW Setelah Terpuruk

Logo VW
Sumber :
  • Carscoops

Jakarta, VIVA - Volkswagen atau VW, salah satu pemain utama di industri otomotif dunia, sempat mengalami masa sulit dalam beberapa tahun terakhir, terutama di pasar Cina yang sangat kompetitif.

Sempat Gulung Tikar, Geely Siap Gelontorkan Uang untuk Bikin Mobil Listrik di RI

Namun, langkah terbaru mereka menunjukkan tekad untuk kembali menguasai pasar ini. Seperti dikutip dari laman Carnewschina, Jumat 27 Desember 2024, perusahaan patungan SAIC-Volkswagen berencana meluncurkan tiga model baru pada tahun 2026. 

Langkah ini diharapkan menjadi strategi kunci untuk memulihkan posisi mereka di pasar kendaraan energi baru. Ketiga model baru tersebut, yang diberi kode internal A, B, dan C, akan mencakup berbagai segmen pasar seperti battery electric vehicle, extended range electric vehicle, dan plug-in hybrid electric vehicle. 

Harga Lebih dari Setengah Miliar, Apa Istimewanya Mobil Dinas TNI AD yang Baru

Model A adalah sebuah sedan PHEV yang dikembangkan oleh SAIC, berbasis pada Roewe D7 yang telah diluncurkan sebelumnya.

Untuk model B adalah SUV EREV kelas menengah hingga atas, dimodifikasi dari kendaraan yang belum dirilis oleh IM Motors dengan kode internal S31L.

Subang hingga Konawe: Indonesia Bakal Jadi Pusat Baru Industri Kendaraan Listrik ASEAN

Kemudian model C, adalah SUV listrik murni yang dikembangkan oleh Volkswagen. Model ini menggunakan platform CEA (China Electrical Architecture) yang dikembangkan bersama Xpeng dan Volkswagen.

Ketiga model ini akan menggunakan logo VW, menunjukkan bahwa VW tetap setia pada identitas merek global mereka dan tidak beralih ke strategi merek baru.

Volkswagen telah menandatangani beberapa perjanjian kerja sama teknis dengan mitra Cina, termasuk SAIC dan Xpeng. Perjanjian ini mencakup pengembangan tiga model PHEV dan dua model BEV, yang menunjukkan komitmen mereka untuk berinovasi di pasar NEV Cina.

Langkah ini bukan hal baru, karena pada April 2024, sudah muncul laporan mengenai rencana Volkswagen meluncurkan SUV EREV kelas B yang dirancang khusus untuk pasar Cina. Dengan adanya detail terbaru ini, dapat disimpulkan bahwa model B yang dimaksud kemungkinan besar adalah SUV tersebut.

Meski menunjukkan upaya bangkit, Volkswagen masih menghadapi tantangan berat di Cina. 

Data dari China Passenger Car Association (CPCA) menunjukkan bahwa SAIC-Volkswagen menjual 1,049 juta unit kendaraan dalam 11 bulan pertama tahun 2024. Pada November, penjualan mereka mencapai 123.000 unit, naik 5,9% dibandingkan tahun sebelumnya, dengan pangsa pasar 5,1%.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya