Begini Sensasi Berkendara di Balik Kemudi Pikap Hilux Rangga Bagi Perempuan
- Arianti Widya
Surabaya, VIVA – PT Toyota-Astra Motor (TAM) telah meluncurkan kendaraan niaga, Hilux Rangga untuk pasar otomotif Indonesia pada Oktober 2024 lalu. Mobil ini ditawarkan dalam dua pilihan mesin, yakni bensin dan diesel.
Setelah tiga bulan diluncurkan, Hilux Rangga sudah mencatatkan pemesanan sekitar dua ribuan. Hal ini diungkapkan oleh Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy.
"Sejak Oktober lalu, Toyota Hilux Rangga telah dipesan sebanyak 2.000 unit. Untuk varian yang paling banyak dipesan itu sebenarnya hampir seimbang. Tapi lebih rincinya, mesin diesel menjadi paling diminati dengan total kontribusi 57 persen," ujarnya dikutip VIVA di Surabaya, Jawa Timur.
Sebagai pendatang baru yang sudah mendapatkan ribuan pemesanan hanya dalam waktu tiga bulan, banyak yang penasaran bagaimana sensasi berkendara dari pikap Hilux Rangga.
Maka dari itu, TAM mengajak beberapa awak media termasuk VIVA untuk bisa merasakan berkendara di balik kemudi kendaraan niaga dari Toyota ini.
Kesempatan test drive kendaraan niaga ini dilakukan di wilayah Surabaya, Jawa Tengah. Dalam kesempatan ini, VIVA mengemudikan HIlux Rangga versi bensin transmisi manual.
Saat memasuki area kabin, pikap HIlux Rangga hadir dengan kesan minimalis namun tetap memberikan kesan ruang yang lega. Terutama untuk kami dengan tinggi badan 165 cm.
Tidak banyak fitur yang tersedia dalam mobil ini, tetapi pikap Hilux Rangga sudah dibekali dengan adanya airbag pada bagian pengemudi dan penumpang. Kemudian, terdapat ruang kaki dengan ukuran yang cukup lega.
Kelebihan lainnya dari mobil pikap ini adalah fitur AC yang terasa sangat dingin. Bagi pengemudi perempuan, fitur ini sangat memberikan kenyamanan ekstra.
Pada bagian kemudi, Hilux Rangga juga memiliki radius putar yang cukup lebar. Hal ini memudahkan pengemudi dalam bermanuver.
Pada bagian performa, Toyota Hilux Rangga versi bensin mengusung mesin 1.988 cc 4 silinder Dual VVT-i bertenaga 139 PS pada 5.600 rpm dan torsi 183 Nm pada 4.000 rpm.
Dengan konfigurasi mesin tersebut, kendaraan niaga ini mampu menghadirkan performa luar biasa untuk membawa beban berat dan melintasi berbagai medan menantang.
Saat mulai menginjak gas, Hilux Rangga memberikan kesan awal yang bertenaga. Kendati demikian, kami merasakan pikap Toyota ini cukup mudah dikendarai dan terasa ringan meski ini kendaraan niaga.
Sayangnya, saat menginjak pijakan kopling dari Hilux Rangga, kopling masih terasa terlalu dalam.
Namun adanya kekurangan tersebut, tidak menghalangi kenyamanan berkendara Hilux Rangga terutama pada wilayah perkotaan.
Berkaitan harga, Toyota Hilux Rangga berbahan bakar bensin dibanderol mulai dari Rp188,7 juta - Rp215,7 juta.
Sementara Toyota Hilux Rangga diesel dipasarkan dengan harga Rp244,7 juta hingga Rp304,5 juta on the road Jakarta.