Ratusan Orang RI Rela Inden Hyundai Ioniq 5 N Sampai Tahun Depan

Hyundai N Brand Experience Center di SCBD
Sumber :
  • Jeffry Yanto Sudibyo

VIVA – Hyundai Ioniq 5 N menjadi produk pertama PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) yang lahir dari keluarga N series. Meski diproduksi lokal, namun harga mobil listrik bertenaga buas itu mencapai Rp1,3 miliar.

Meskipun harganya selangit, namun sejak resmi dirilis pada Juli 2024, Hyundai Ioniq 5 N sudah mengantongi surat pemesanan kendaraan, atau SPK hingga ratusan unit. Bahkan konsumen rela menunggu hingga tahun depan untuk mendapatkannya.

"Baru 17 unit sekarang, dan tahun ini paling sekitar 20 unit (dikirim ke konsumen). Total SPK lebih dari 150 unit, dan warna biru paling banyak kira-kira 80 persen," ujar Chief Operating Officer PT HMID, Fransiscus Soerjopranoto di Jakarta, Kamis 12 Desember 2024.

Artinya masih ada ratusan konsumen yang rela menunggu sampai tahun depan. Melihat antusiasme yang tinggi akan produk kolaborasi Hyundai dengan rumah modifikasi N, produsen berlogo H miring itu mendirikan Hyundai N Brand Experience Center di SCBD, Jakarta Selatan.

Tempat tersebut khusus menawarkan produk racing mereka, seperti Ioniq 5 N, dan terbaru All New Kona Electric N Line. Di dalamnya juga terdapat sejumlah merchandise, tempat berkumpul, serta ruangan untuk menikmati merek performa tersebut.

Seperti diketahui, Ioniq 5 N sendiri masih satu platform dengan versi normal yang sudah dirakit di Indonesia, mengandalkan rancang bangun E-GMP (Electric Global Module Platform) namun disesuikan.

Tentu dinamo atau motor penggerak listrik, dan baterainya dibuat lebih besar agar menghasilkan tenaga yang lebih buas dari versi standarnya.

Mobil listrik yang dikerjakan oleh divisi performa di Namyang, Korea Selatan itu dibekali baterai generasi terbaru berdaya 84 kWh, lebih besar dari edisi normal atau tipe Siganture Long Range di Indonesia, yaitu 72,6 kWh.

Bukan untuk mengejar jarak tempuh lebih jauh, tapi daya baterai sebesar itu untuk menyokong dua dinamo sebagai penggerak roda. Secara total tenaga maksimalnya 609 PS, dan torsi 740 Nm hingga putaran 21.000 rpm.

Jika ingin tenaga yang lebih buas, bisa mengaktifkan fitur NGB, sehingga mobil pelahap seterum itu bisa menyemburkan tenaga 650 PS, dan torsi 770 NM, setara sport car bermesin besar.

Untuk mengajaknya berlari dari diam ke 100 km per jam normalnya 3,5 detik, namun saat fitur itu diaktifkan hanya butuh waktu 3,4 detik. Bisa dibayangkan tenaganya dari putaran bawah mendorong badan.

Ada 11 fitur yang diracik oleh divisi performa tersebut, pertama N launch control untuk memberikan daya tarik tiga tingkat untuk starter tercepat sehingga pengemudi bisa memacu Ioniq 5 N layaknya mobil balap professional.

Kemudian N e-Shift memberikan sensasi kendali atas daya dan perpindahan gigi, N pedal untuk turn-in instan dan meningkatkan sensitivitas throttle, serta memprioritaskan cornering cepat, dan bertenaga.

Sementara N grin boost meningkatkan akselerasi dengan 10 detik tambahan daya. Agar pengemudi merasakan sensasi berkendara layiknya sport car konvensional, diberikan suara knalpot dari speaker yang disebut N active sound. 

Selain itu ada  N drift optimizer menyeimbangkan berbagai kendali kendaraan sesuai input waktu nyata, torque kick drift agar clutch kick action layaknya mobil bernesin bahan bakar dengan penggerak roda belakang, sehingga pengemudi bisa mendapatkan inisiasi drift yang lebih cepat untuk berbagai situasi berkendara.

Kemudian ada N race terdiri dari dua mode, yaitu Endurance yang mengontrol konsumsi listrik, serta Sprint memaksimalkan power kendaraan sehingga bisa mencapai target waktu yang diinginkan.

Untuk steering ration yang lebih tinggi, dan mendapatkan feedback toris lebih baik didukung fitur N R-MDPS (Rack-Mounted Motor-Driven Power Steering), dan mengoptimalkan sela baterai dan menajag suhunya dikontrol oleh N battery pre-conditioning.

Terakhir N brake regen, yaitu sistem region braking khas Hyundai N yang telah dioptimalkan untuk Ioniq 5 demi memberikan deselerasi yang maksimal dan transisi kecepatan yang mulus. 

Hyundai Kona Electric N Line Meluncur di Indonesia, Apa Istimewanya?