Jajal Ioniq 5 N di Sirkuit Mandalika, Beri Sensasi Baru untuk Perempuan

Hyundai Ioniq 5 N
Sumber :
  • Arianti Widya

Mandalika, VIVA – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) telah menyelenggarakan kegiatan Ioniq 5 N Track Day untuk pertama kalinya di Tanah Air, tepatnya di Sirkuit International Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Sudah Bisa Dipesan, Kapan Hyundai Tucson Terbaru Meluncur di RI?

Dalam kesempatan ini, PT HMID mengajak awak media termasuk VIVA untuk menjajal dan merasakan fitur-fitur canggih yang disemati dalam mobil kencang Ioniq 5 N di sirkuit Mandalika belum lama ini.

Adapun dalam pengujian kendaraan ini, kami sebagai pengendara perempuan turut ditemani oleh instruktur yang sudah berpengalaman melaju di sirkuit.

Hyundai Resmi Buka Pemesanan All New Tucson, Ada Mesin Hybrid

Hyundai Ioniq 5 N

Photo :
  • Arianti Widya

Untuk diketahui, sirkuit Mandalika memiliki berbagai section yang memungkinkan para pengemudi untuk menjelajah kecanggihan fitur-fitur di Ioniq 5 N, salah satunya adalah lurusan sepanjang 740 meter.

Terungkap Alasan Hyundai Pilih Absen di Pameran GJAW 2024

Trek lurus yang menjadi lokasi starting grid ini dimanfaatkan untuk membuktikan Racetrack Capability dari Ioniq 5 N hasil dari performa tingkat tinggi dan akselerasi yang optimal.

Sebelum memulai berkendara, kami diperkenalkan terlebih dahulu terkait fitur-fitur yang ada di dalam Ioniq 5 N, meliputi N Launch Control, N Grin Boost, N Active Sound, dan lainnya.

Tahap pertama, kami langsung merasakan sensasi berkendara dengan fitur N Launch Control. Fitur ini memberikan traksi maksimal untuk start tercepat jadi mereka mampu memacu kecepatan Ioniq 5 N dari posisi diam dengan maksimal layaknya menggunakan mobil balap profesional.

Hyundai Ioniq 5 N di sirkuit Mandalika

Photo :
  • Arianti Widya

Tidak hanya mendapatkan sokongan yang dibutuhkan saat mulai berkendara, kami juga dimanjakan dengan adanya dorongan dari N Grin Boost untuk melaju lebih cepat di lintasan lurus.

N Grin Boost memberikan dorongan instan dari motor listrik ganda Ioniq 5 N dengan meningkatkan output daya hingga 650 PS dan torsi 770 Nm selama 10 detik sehingga akselerasi kendaraan menjadi lebih cepat.

Saat menggunakan fitur tersebut, kami diizinkan untuk melaju dari 0 ke 100km/jam hanya dalam waktu 3,4 detik. Secara spesifikasi, Ioniq 5 N mampu melaju dengan kecepatan mencapai hingga 260km/jam.

Setelah puas melaju kencang di lintasan lurus, kami melewati trek berliku sebanyak 17 belokan yang bervariasi, baik itu tikungan tajam maupun high speed corner.

Interior Hyundai Ioniq 5 N

Photo :
  • Arianti Widya

Menariknya, belokan menantang tersebut memberi momentum yang tepat untuk membuktikan pilar Corner Rascal dari Ioniq 5 N yang memungkinkan kami merasakan kelincahan yang memuaskan saat bermanuver.

Saat melewati high speed corner, kami dimanjakan dengan N Pedal yang memberikan turn-in instan dan meningkatkan sensitivitas throttle dengan cara meningkatkan regenerative braking untuk menciptakan transfer bobot secara lebih dinamis, sehingga kami bisa melakukan cornering dengan lebih cepat dan bertenaga.

Lebih lanjut, kami juga bisa merasakan fitur N Torque Distribution yang bertujuan untuk mendapatkan handling kendaraan yang lebih presisi terhadap berbagai situasi tikungan.

Hyundai Ioniq 5 N

Photo :
  • Arianti Widya

Fitur ini memungkinkan pengemudi menyesuaikan distribusi torsi di bagian depan dan belakang cukup dengan mengatur slider di layar head unit.

Jadi, dengan N Torque Distribution, yang terinspirasi dari mobil-mobil WRC, kami bisa cornering dengan lebih puas di berbagai karakter tikungan.

Keandalan Ioniq 5 N untuk menjadi pilihan ideal di lintasan balap maupun di jalanan umum salah satunya terbukti saat kami menghadapi tikungan 10 yang terkenal tajam, persis setelah trek lurus berkecepatan tinggi.

Dengan kondisi yang menantang tersebut, kami tetap bisa melakukan perpindahan gigi dengan begitu seamless menggunakan fitur N e-Shift. Jadi, kami bisa berbelok dengan lebih nyaman berkat deselerasi yang begitu optimal.

Fitur ini pun akan bermanfaat bagi pemilik Ioniq 5 N saat harus mengurangi kecepatan di tol ataupun melalui tikungan tajam di perkotaan.

Salah satu fitur yang disukai oleh kami adalah, N Active Soud+. Terdapat tiga mode suara yang bisa dipilih, yaitu ignition, evolution, dan supersonic.

Kami dapat mengeluarkan bunyi deru knalpot serupa mesin ICE selama berkendara dengan mode suara Ignition, atau menggunakan mode Evolution yang terinspirasi dari N 2025 Vision Gran Turismo serta mode Supersonic yang karakter-nya mirip dengan suara pesawat jet tempur.

Efek suara ini pun berguna saat berkendara di tengah kota untuk menjaga pengguna jalan lain aware dengan keberadaan kita, mengingat kendaraan listrik terkenal dengan suaranya yang senyap.

Sebagai informasi tambahan, Ioniq 5 N dibekali dengan N Battery Pre-Conditioning yang mengoptimalkan daya baterai sesuai kebutuhan, sehingga aman berkendara di Sirkuit Mandalika.

Secara keseluruhan, kami sebagai pengendara wanita yang menjajal Ioniq 5 N di sirkuit Mandalika ini memberikan sensasi berbeda.

Sayangnya, kami membutuhkan waktu untuk memahami secara keseluruhan terkait keandalan dari berbagai teknologi atau fitur canggih di Ioniq 5 N.

Hyundai Ioniq 5

Hyundai: Pengguna EV Tak Terlalu Pikirkan Harga Jual Kembali

Budi Nur Mukmin, Chief Marketing Officer Hyudai Motors Indonesia (HMID) mengaku bahwa pihaknya melihat para pengguna EV sebenarnya tidak terlalu mempedulikan resale value

img_title
VIVA.co.id
14 November 2024