Bocoran Mobil Hybrid Kedua Hyundai di RI Setelah All New Santa Fe
- Arianti Widya
VIVA – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) meramaikan pasar mobil hybrid melalui All New Hyundai Santa Fe. Setelah terjun di segmen atas, bocorannya mereka akan merilis model keduanya untuk kelas menengah.
Mobil hybrid keduanya itu diduga kuat Hyundai Tucson, mengingat SUV yang ukurannya lebih kompak dari Santa Fe itu sudah lama tidak diberikan pembaharuan, dan saat ini sudah tidak dipasarkan lagi.
Mobil SUV kelas menengah itu masuk pasar Indonesia pertama kali pada 2005 lewat PT Hyundai Mobil Indonesia (HIM) sebagai jaringan diler sekaligus distributor yang digawangi oleh Bambang Trihatmodjo.
Setelah beberapa kali mendapatkan penyegaran, sekitar 2017 Tucson yang statusnya masih diimpor oleh PT HIM berhenti dipasarkan, di mana model tersebut adalah generasi ketiganya.
Mengingat segmen di kelasnya menjanjikan, Hyundai yang kini dikelola HMID sebagai produsen resminya diam-diam akan kembali memasarkan Tucson yang sudah memasuki generasi keempat.
“Kita akan banyak fokus di mobil hybrid, selain mobil listrik,” ujar Chief Operating Officer PT HMID, Fransiscus Soerjopranoto.
Hyundai Tucson generasi terbaru itu hadir di global sejak 2020, dan kini sudah mendapatkan penyegaran alias facelift. Indikasi SUV 5-penumpang dengan ukuran yang lebih besar dari Creta itu akan masuk RI setelah namanya terdaftar di Badan Pendapatan Derah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
Tercatat ada dua powertrain, seperti yang terlihat dari NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) yang mereka daftarkan di Samsat DKI Jakarta tersebut.
Pertama berkode NEWTUCSON G2.0 4X2AT yang memiliki nilai dasar Rp409 juta, lalu NEWTUCSON G1.6T HEV2WA senilai Rp436 juta. Berkaca dari kode angka di belakang namanya, artinya ada dua powertrain.
Melansir website Hyundai Global, Tucson memiliki 4 pilihan mesin namun yang didaftarkan di Indonesia hanya dua, dengan kode 2.0 dan 1.6T.
Untuk versi bensin, mesin berkapasitas 2.000cc Tucson bisa menghasilkan tenaga maksimal 156 PS di 6.200 rpm, dan torsi 19,6 kgm di 4.500 rpm.
Sedangkan edisi dieselnya dengan volume silinder serupa, tenaganya 186 PS di 4.000 rpm, dan torsi 42.5 kgf.m di 2.000-2.750 rpm. Tidak ada informasi apakah bensin, atau diesel yang akan dipasarkan.
Tapi yang menarik perhatian adalah kode NEWTUCSON G1.6T HEV2WA, atau (Hybrid Electric Vehicle), secara mesin serupa dengan Santa Fe Hybrid, yaitu berkapasitas 1.600cc dengan dukungan turbo.
Kawin silang turbo, dan tenaga listrik untuk memutar roda depannya membuat Tucson Hybrid dapat menyembutkan tenaga 180 PS di 5.500 rpm, dan torsi 264,7 Nm direntang putaran 1.500-4.500 rpm.