Toyota Buka Suara Soal Avanza Hybrid, Segini Bocoran Harganya

Toyota All New Avanza dan All New Veloz di GIIAS 2021.
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Toyota Indonesia sepertinya memiliki sejumlah pertimbangan sebelum meluncurkan Toyota Avanza Hybrid atau Veloz Hybrid sebagai produk ramah lingkungan paling terjangkau.

Padahal sinyal kemunculan Toyota Veloz Hybrid menjadi perbincangan hangat sejak tahun lalu, tapi sampai saat ini PT Toyota Astra Motor (TAM) masih menutup rapat informasi mobil barunya tersebut.

Rumor kemunculan Avanza Hybrid muncul setelah Toyota Yaris Cross Hybrid lahir dari platform Low MPV (Multi Purpose Vehicle) andalanya yang sebagian diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Terbaru terkait kabar mobil sejuta umat dengan dua sumber energi itu tersiar dalam Kementerian Dalam Negeri, tepatnya pada Permendagri Nomor 8 tahun 2024, tertulis ada kode baru yang didaftarkan Toyota.

Dalam kondisi standar, Toyota Avanza memiliki kode W101RE-LMDFJ 1.3 E, W101RE-LBSFJ 1.5 CVT, W101RE-LMMFJ 1.5 G MT, dan untuk Veloz W101RE- LBVFJ 1.5 Q CVT.

Dari daftar mobil Low MPV tersebut, terdapat kode baru, yaitu W101RE-LBVFJ 1.5 Q HV CVT yang memiliki NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) Rp264 juta, dan W101RE-LBVFJ 1.5 Q HV CVT TSS Rp284 juta.

Indikasi huruf HV di belakang namanya tersebut diduga singkatan Hybrid Vehicle, sehingga ada dugaan dua kode tersebut menjadi sinyal kemunculan Toyota Veloz Hybrid di Indonesia.

Yaris Cross HEV secara platform sama dengan Avanza-Veloz, atau Daihatsu Xenia. Mengandalkan mesin bensin 1.500cc dengan dinamo, atau motor listrik sebagai pembantu penggerak roda depannya.

Seperti diketahui, baterai di dalam Yaris Cross Hybrid sudah dirakit oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), berjenis Lithium-ion 29 kW dengan bobot 20 kilogram. Terbentuk dari 2 modul yang masing-masing memiliki 24 cell, daya per cell 3,6 volt.

Artinya jika digabungkan menjadi 175,2 volt per pack, dan daya tahan komponen penyimpan daya listrik itu diklaim bisa mencapai suhu mines 10 derajat celcius, hingga suhu panas 50 derajat celcius.

Saat dikonfirmasi terkait munculnya harga dasar Avanza-Veloz Hybrid, Marketing Direktur PT TAM, Anton Jimmi Suwandy buka suara, tapi masih enggan berkomentar banyak. Sesuai aturan perusahaan bahwa dia tidak bisa menjelaskan produk terbaru.

"Saya belum bisa komen detil untuk future product ya," ujar Anton secara singkat kepada Viva Otomotif, dikutip, Selasa 22 Oktober 2024. 

Chery Tantang Toyota Avanza dan Innova dengan Senjata Rahasia