Ferrari Luncurkan Supercar Hybrid Bertenaga Buas, Hanya Tersedia 799 Unit

Ferrari F80
Sumber :
  • Ferrari

Maranello, VIVA – Pabrikan kendaraan mewah, Ferrari secara resmi meluncurkan supercar terbaru, bernama F80. Mobil ini akan diproduksi secara terbatas, yakni hanya tersedia dalam 799 unit.

Era Baru Subsidi Tepat Sasaran Akan Dimulai

Supercar edisi terbatas ini akan bergabung dalam jajaran ikon seperti GTO, F40, dan LaFerrari, dengan teknologi dan performa tenaga yang terbaik.

F80 diketahui menggunakan teknologi hybrid generasi terbaru pada sistem penggeraknya untuk menghasilkan tenaga dan torsi yang luar biasa.

Kemenkumham Dipecah Jadi Tiga, Yusril Katakan Langkah Strategis dan Luar Biasa dari Prabowo

Dikutip VIVA dari keterangan resmi, setiap aspek F80 dirancang untuk memaksimalkan performa. F80 menggunakan sasis monokok asimetris yang terbuat dari serat karbon dan material komposit.

Atapnya seluruhnya terbuat dari serat karbon, dan subframe depan dan belakangnya terbuat dari aluminium.

Terpaksa Pakai Dana Pinjol untuk Menikah, Ini 8 Pertimbangan Sebelum Mengajukan

Ferrari F80

Photo :
  • Ferrari

Kemudian, kendaraan ini dibekali dengan desain sasis yang asimetris berarti kursi pengemudi dapat disesuaikan (berbeda dengan posisi tetap pada W1 dan supercar monokok lainnya, termasuk LaFerrari), sementara pintu kupu-kupu F80 memungkinkan akses masuk dan keluar yang lebih mudah - ditambah lagi, pintu ini terlihat keren.

F80 memiliki tata letak dua kursi tradisional dengan kokpit yang berfokus pada pengemudi-Ferrari menyebutnya sebagai konfigurasi "1+".

Panel kontrolnya miring ke arah pengemudi, dan kursi pengemudi berupa bucket sport berwarna merah terang yang dapat diatur, berbeda dengan kursi penumpang yang terpasang pada sasis.

Ferrari juga menciptakan setir baru untuk F80 dengan bagian atas dan bawah yang lebih rata yang akan digunakan pada model Ferrari lainnya di masa depan.

Berbeda dari supercar yang tersedia di pasaran saat ini, Ferrari F80 menggabungkan semua keunggulan dengan tingkat kemudahan berkendara yang luar biasa di jalan raya.

Mesin Ferrari F80 ini terdiri dari Turbo V6 yang dikawinkan dengan sistem hybrid 800 V. Tak hanya ini, supercar ini juga dibekali dengan teknologi turbo listrik (e-turbo) yang dipasang antara turbin dan kompresor setiap turbo.

Konfigurasi tersebut memungkinkan kendaraan mengeluarkan daya yang luar biasa. Menyoal tenaga, supercar ini menggendong mesin pembakaran internal F163cf F80 120 derajat V6, dimana mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga puncak hingga 900 hp.

Sementara untuk penggerak hybrid-nya, motor listrik yang digunakan untuk F80 adalah unit pertama yang dikembangkan, diuji dan diproduksi sepenuhnya oleh Ferrari di Maranello, Italia, semuanya diklaim dibuat dengan tujuan spesifik untuk memaksimalkan kinerja namun lebih ringan yang dapat membantu kinerja mesin konvensional secara keseluruhan.

Sistem hybrid pada Ferrari F80 ini diperkirakan bisa menambah 300 hp, sehingga bila ditotal akan menjadi 1.200 hp jika dikawinkan dengan mesin konvensional.

Ferrari F80 diklaim mampu melaju 0-201 km/jam dalam waktu 5,75 detik. Sedikit lebih cepat dari McLaren W1 (5,8 detik). Kecepatan tertingginya mencapai 350 km/jam. Juga, sedikit lebih tinggi dari W1 yang 349,2 km/jam.

Terkait harga, supercar ini dibanderol sekitar 3,6 juta euro atau setara dengan Rp60 miliar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya