Sah! Bulan Depan Hyundai Santa Fe Hybrid Dijual di RI Untuk Jegal Fortuner

Hyundai Santa Fe 2024
Sumber :
  • Hyundai Motors Indonesia

VIVA – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) akan memulai bermain di segmen mobil hybrid melalui All New Hyundai Santa Fe. Mobil SUV tersebut dihadirkan untuk jegal Toyota Fortuner, dan Honda CR-V e:HEV.

Hyundai Santa Fe Hybrid generasi terbaru akan hadir secara resmi di Indonesia, Oktober. Dan kemunculan mobil dengan dua sumber energi itu sebagai bukti bahwa Hyundai memiliki lineup yang lengkap.

Hyundai Buka Suara Soal Mobil SUV Baru Pesaing Honda HR-V Turbo

VIVA Otomotif: Hyundai All New Santa Fe 2023

Photo :
  • Dok: Hyundai


Chief Marketing Officer PT HMID, Budi Nur Mukmin, mengatakan, perusahaan punya lineup lengkap, semua jenis powertrain tersedia. Jadi sangat adaptive dengan kebutuhan pasar, tidak hanya mobil listrik, kalau pasar butuh Hyundai juga punya hybrid.

"Kita berharap Santa Fe yang baru ini bisa menarik ke segmen ladder frame, dan menarik segmen yang sekarang sudah ada (CR-V) jadi bisa menarik ke semua customer di segmen itu di tengah-tengah, bisa jadi alternatif, ladder frame, atau alternatif CR-V," ujar Budi kepada Viva Otomotif di Semarang, Jawa Tengah, Kamis 26 September 2024.

Saat disinggung terkait segmen menengah ke atas yang menjadi landasan pertama Hyundai untuk mobil hybrid, menurutnya pangsa pasar kendaraan dengan dua sumber penggerak itu memang besar di kelas tersebut.

"Kita lebih melihat kebutuhan pasarnya seperti apa? Harus diakui kebutuhan pasar hybrid dari segmen atas.Di segmen itu kita ingin memberikan alternatif cerdas kepada customer, segmen SUV D mainsetnya customer itu diesel, ladder frame penggerak belakang, jadi pemikiran itu ingin kita dobrak," tuturnya.

Lebih lanjut Budi menjelaskan, jika selama ini SUV gagah terlaris ada menggunakan sasis tangga, kini Hyundai akan masuk dengan merilis versi monokok, penggerak roda depan, dan hybrid, di mana segmen SUV D itu pemainnya cukup banyak saat ini.

Sebelum resmi dijual di Indonesia, Hyundai sudah mendaftarkan Sante Fe generasi kelima itu di Badan Pendapatan Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam kategori Jeep di NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) produk mereka.

Jenama berlogo H miring tersebut juga mendaftarkan Santa Fe generasi kelima itu dengan kode NSNTAFE, terbagi menjadi tiga varian dengan harga dasar yang berbeda-beda.

Untuk kode NSNTAFEG2.5 2ACLGRPY memiliki NJKB Rp432 juta, NSNTAFEG2.5 2ATPRIME Rp425 juta, dan NSNTFEG16THEV 2ACGRPY dengan harga dasar Rp445 juta.

Berkaca dari kode tersebut, artinya Sante Fe generasi terbaru akan ditawarkan dalam dua powertrain, yaitu konvensional, dan hybrid.

Sesuai dengan kode huruf belakang di NJKB tertingginya, bahwa model tersebut adalah varian Hybrid Electric Vehicle, atau HEV. Maka tidak heran secara harga lebih mahal, dari dua varian lainnya.

Santa Fe Hybrid menggabungkan mesin 1.600cc turbo dengan motor listrik, alias hybrid. Tenaganya disalurkan melalui transmisi matik 6-percepatan ke roda depan.

Kepergok Kamera Mobil Baru Hyundai Uji Coba di Jalan Pegunungan
All-new Hyundai Kona Electric

Ribuan Orang Menunggu Hyundai Kona Electric Sampai ke Rumah

Hyundai Kona Electric baru ditawarkan dalam 5 varian, untuk Kona Electric Style dibanderol Rp499 juta, Prime Standard Range Rp515 juta Signature Standard Range Rp575 juta

img_title
VIVA.co.id
25 September 2024