3.500 Armada Ramah Lingkungan Jadi Andalan Bluebird Tekan Emisi Karbon

Taksi Bluebird
Sumber :
  • Dok: Bluebird

Jakarta, VIVA – Seiring dengan keinginan Pemerintah dalam mengurangi emisi karbon menuju Net Zero Emissions (NZE) di 2060 mendatang, berbagai pihak berlomba-lomba untuk membantu mewujudkan target tersebut.

Batal Dijual, Bluebird Masih Gunakan Taksi Listrik BYD E6

Salah satunya, PT Blue Bird Tbk sebagai perusahaan taksi di Indonesia. Dalam hal ini, Bluebird telah menyediakan sebanyak 3.500 armada ramah lingkungan berbasis listrik dan Compressed Natural Gas (CNG).

"Sebagai wujud dalam mendorong pengurangan emisi karbon, saat ini kami sudah memiliki taksi berbasis listrik sebanyak 200 unit dan sisanya model CNG," ujar Adrianto Djokosoetono selaku Direktur Utama PT Blue Bird Tbk dikutip VIVA di Jakarta.

Intip Spesifikasi Taksi Listrik Bluebird di IKN

Bluebird luncurkan kampanye TrueBlue-Sky

Photo :
  • Arianti Widya

Ia mengatakan bahwa untuk taksi CNG ini sudah mulai disediakan sejak 2018 lalu saat Pemerintah mulai mencanangkan untuk mengurangi emisi di Indonesia sebanyak 34 persen.

Bus dan Taksi Listrik Bluebird Siap Beroperasi Saat HUT RI di IKN

"Dulu Pemerintah sudah mencanangkan untuk pengurangan emisi karbon di Indonesia sebanyak 34 persen. Kemudian, kita lakukan studi untuk pengadaan taksi CNG. Hingga saat ini sudah ada ratusan unit armada," tuturnya.

Menurutnya, pengadaan taksi CNG dan listrik ini sejalan dengan kampanye #TrueBlue-Sky yang baru saja diluncurkan.

"Wujud dari kampanye ini adalah dukungan dalam mengurangi emisi karbon dan menciptakan lingkungan yang lebih ramah, serta berkelanjutan," kata pria yang akrab disapa Andre.

Tidak hanya penyediaan armada, Bluebird juga mementingkan pembangunan ekosistem untuk mendukung komitmen tersebut.

"Kita juga membangun ekosistem, mulai dari operasional pengemudi, infrastruktur pengisian daya, hingga transisi energi bersih," ucap Andre.

Ia menambahkan, " Ini menjadi bagian dari pilar Blue-Sky pada Visi Keberlanjutan yang menargetkan pengurangan emisi dan buangan sebesar 50 persen hingga tahun 2030,"

Lebih lanjut, Bluebird terus berinovasi melalui aplikasi MyBluebird. Pelanggan tidak hanya merasakan kemudahan pemesanan armada, namun dapat melihat kontribusi langsungnya dalam mengurangi emisi karbon.

Hingga saat ini, Bluebird telah berdampak dengan berhasil mengurangi lebih dari 175.000 ton emisi karbon sejak 2018.

Fitur tersebut menambah nilai dari tiap perjalanan, sekaligus menunjukkan peran aktif pelanggan dalam mendukung mobilitas berkelanjutan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya