Menjelang Akhir Tahun MPV Listrik Seharga Avanza Ini Meluncur di RI

MPV listrik Maple 80V atau Aletra EV
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Indonesia belakangan ini diserbu mobil China, bahkan beberapa brand yang sudah pernah gulung tikar dari Tanah Air kembali hadir, terbaru adalah Geely melalui merek Aletra yang berada di bawah naungannya.

BYD M6 Sudah Ditunggu Ribuan Orang, Tapi Diler Baru Terima Unit Segini

Sebagai langkah awal memasuki pasar Indonesia, Aletra akan merilis produk pertamanya di segmen MPV listrik sebagai pesaing baru BYD M6. Informasi itu dibagikan melalui Instagram resmi mereka @aletracars.

Dalam siluetnya terlihat mobil pelahap seterum itu memiliki lampu utama LED, begitupun lampu pengereman belakang dengan reflector memanjang, tidak ketinggalan logo Aletra di bonet depan, dan terdapat kotak seperti akses colokan tepat di gril depan.

Desainnya cukup elegan, dan dinamis, tidak terlalu banyak memainkan garis tajam. Namun jika diperhatikan, diduga MPV ramah lingkungan itu memiliki persamaan dengan Livan Maple 80V L di Tiongkok.

Siap Meluncur di RI MPV Listrik Ini Lebih Lebar dari Innova Zenix dan BYD M6

Di negara asalnya MPV listrik tersebut dibanderol 161,700 yuan (Rp353,757 juta) sampai 178,700 yuan (Rp390,948 juta), atau setara Avanza Veloz tipe tertinggi untuk tipe termurah Aletra.

Mobil keluarga pelahap seterum itu juga memiliki konfigurasi 7-penumpang. Untuk tipe terendah mengandalkan baterai lithium ferrophosphate, atau LFP berkapasitas 50,4 kWh yang diklaim jarak tempuhnya 407 kilometer.

Sedangkan tipe tertinggi kapasitas baterainya 68,08 kWh, dan menurut pengujian CLTC (China Light Duty Vehicle Test Cycle) jarak tempuhnya 515 km.

Soal tenaga yang dihasilkan, kedua varian MPV listrik tersebut sama-sama mengadopsi dinamo penggerak roda depan berdaya 100 kW, atau 134 dk dan torsi 230 Nm.

Mobil Toyota Ini Jadi Sorotan Gara-gara Mengikuti Permintaan Anak

Menurut beberapa sumber, Aletra akan dijual melalui PT Sinar Armada Globalindo, atau SAG yang biasa menyediakan bus listrik untuk TransJakarta.

Sedangkan Livan Automotive yang tercantum dalam LinkedIn Altera Cars Indonesia, merupakan perusahaan baru yang berdiri pada 2022 melalui kolaborasi Shanghai Maple milik Geely dan Lifan Technology.

Kabar terbaru melalui postingan Instagram resminya, dijelaskan bahwa MPV listrik tersebut akan dirlis menjelang akhir tahun ini.

“Bersiaplah untuk petualangan terbaik dalam waktu kurang dari 2 bulan! Kami mengungkapkan teman sempurna untuk meningkatkan perjalanan kami bersama keluarga. Melalui pengamatan yang tajam, dan tekan yang tak tergiyahkan, kami telah menciptakan sebuah inovasi yang meningkatkan gaya hidup kami, dan menjaga lingkungan. Tetap di sini karena kami akan merilis yang luar biasa,” tulis keterangan status Aletra Cars Indonesia.

Produksi mobil listrik Neta X di Indonesia

Neta Janji Siap Kembangkan MPV Listrik di Indonesia

Indonesia menjadi pasar mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) yang menjanjikan. Kendaraan keluarga yang bisa menampung banyak penumpang itu digemari dari berbagai segmen.

img_title
VIVA.co.id
19 September 2024