Marak Kasus Baterai Mobil Listrik Bermasalah, Ini Kata Citroen

Mobil listrik Citroen E-C3
Sumber :
  • Arianti Widya

Jakarta, VIVA – Belakangan ini, kasus kebakaran mobil listrik kerap terjadi sehingga menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat terkait keamanan kendaraan berbasis baterai ini.

Mobil Listrik Wuling Bingo SUV Meluncur, Bagasi Luas dan Bisa Jalan 510 KM

Terbaru, dua kasus kebakaran mobil listrik terjadi di Korea Selatan, yang melibatkan mobil Mercedes-Benz EQE dan Kia EV6.

Pada akhir Juli tahun ini, Mercedes-Benz EQE terbakar hingga meledak di parkiran bawah tanah di Incheon. Hal ini mengakibatkan sebanyak 140 mobil lainnya yang parkir di lantai sama terkena dampaknya.

Populasi Mobil Listrik di Norwegia Lebih Banyak dari Model Biasa

Selanjutnya pada awal Agustus kebakaran mobil listrik Kia EV6 terjadi di Geumsan, Chungcheong Selatan. Adapun, kendaraan ini terbakar ketika ditinggal saat dicas pada malam sebelumnya berdasarkan keterangan pemilik.

Ilustrasi pengisian baterai mobil listrik.

Photo :
  • Paultan
Harga Wuling Air ev Lite Kini Lebih Murah dari Mobil Listrik Seres E1

Menanggapi hal tersebut, Citroen sebagai salah satu penyedia mobil listrik menegaskan bahwa peristiwa tersebut tidak akan terjadi pada produk elektrifikasi miliknya.

"Dari sisi baterai, yang dipakai Citroen ini sudah sertifikasi IP67. Jadi kita memang sudah punya standar safety yang bagus," ujar Andre Oktavianus selaku Aftersales Department Head PT Indomobil National Distributor dikutip VIVA di Jakarta Selatan.

Ia menyampaikan, tidak ada persiapan khusus apabila hal ini terjadi. Namun, Andre memastikan bahwa pihaknya memiliki mekanik yang sudah tersertifikasi dan telah melakukan training.

"Semua mobil juga sebenarnya punya sistem safety, termasuk Citroen. Ketika (mobil listrik) ada masalah, maka akan muncul indikator. Jika ada masalah, tim (mekanik) nanti akan mendatangi dan mendampingi," jelasnya.

Andre menambahkan, "Tapi saya rasa hal itu tidak mungkin terjadi karena kalau ada kecelakaan atau apapun pasti harus dibawa ke bengkel. Kemudian, tidak semua mekanik citroen bisa menangani masalah di mobil listrik. Melainkan hanya mekanik-mekanik yang sudah tersertifikasi," 

Sebagai informasi tambahan, Citroen telah memiliki Experience Center di beberapa wilayah Jakarta. Diler ini pun menyediakan layanan lepas pasang baterai untuk mobil listrik Citroen, e-C3.

Dimana nantinya para pemilik Citroen e-C3, bisa mengganti baterai unit saat terjadi masalah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya