Mobil Terbang Ini Laku Ribuan Unit, Ada yang Harganya Setara Fortuner

Mobil terbang Alef Aeronautics Model A
Sumber :
  • Dok: Alef Aeronautics

California, VIVA – Alef Aeronautics, sebuah perusahaan asal Amerika Serikat telah mengumumkan rencananya untuk memproduksi mobil terbang pertama mereka, Alef Model A, yang dibanderol dengan harga US$300.000 atau sekitar Rp4,6 miliar.

Terpopuler: Komparasi Daihatsu Terios vs Toyota Rush, Motor Biang Kerok Macet Puncak

Mobil ini diperkirakan akan mulai diproduksi pada akhir tahun 2025. Meskipun banyak yang meragukan, Alef telah membuat kemajuan signifikan, termasuk mengamankan kesepakatan manufaktur dan mendapatkan sertifikasi khusus dari Federal Aviation Administration (FAA) Amerika Serikat.

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Carscoops, Sabtu 21 September 2024, Alef mengklaim telah menerima 3.200 pesanan untuk mobil terbang Model A.

Terpopuler: Harga Mobil Listrik Turun, Impresi Toyota Fortuner Baru

Selain itu, perusahaan juga menjalin kerja sama dengan dua perusahaan besar, PUCARA Aero dan MYC, untuk memproduksi suku cadang berkualitas penerbangan.

Mobil terbang Alef Aeronautics Model A

Photo :
  • Dok: Alef Aeronautics
Komparasi Harga Si Raja Jalan Fortuner Terbaru vs New Pajero Sport

Kedua perusahaan ini dikenal sebagai pemasok suku cadang untuk Boeing dan Airbus, dan memproduksi komponen untuk pesawat sipil, helikopter, hingga drone militer.

"Kami memilih PUCARA Aero dan MYC karena catatan keselamatan mereka yang sempurna dan kepatuhan terhadap otoritas penerbangan utama," kata CEO Alef, Jim Dukhovny.

"Dengan jumlah pesanan yang terus bertambah dan desain final yang hampir selesai, kami siap memasuki tahap produksi massal untuk Model A."

Model A memiliki desain unik yang membedakannya dari mobil terbang lainnya. Alih-alih sayap besar atau membutuhkan landasan pacu panjang, Model A dilengkapi dengan empat baling-baling tersembunyi dalam struktur tubuhnya yang berpori.

Mobil ini dirancang untuk dapat berkendara di jalan raya dan lepas landas secara vertikal ketika diperlukan, terbang di atas lalu lintas yang padat.

Alef juga sedang merencanakan model kedua, yaitu Model Z, yang diperkirakan akan dibanderol dengan harga lebih terjangkau, sekitar US$35.000 atau Rp540 juta, setara dengan Toyota Fortuner. Model ini diharapkan dapat menarik minat pasar yang lebih luas ketika diluncurkan di masa mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya