Daihatsu Jadi Pilihan Utama Pemotor yang Ingin Beralih ke Mobil

Booth Daihatsu di GIIAS 2021
Sumber :
  • Dok: ADM

Jakarta, VIVA – Manufaktur asal Jepang, Daihatsu menjadi salah satu merek yang cukup populer di pasar otomotif Indonesia. Pabrikan ini telah berada di Tanah Air sejak 1978.

Daihatsu Ajak Komunitas Mobil dan Motor Berkolaborasi

Dalam perjalanannya, Daihatsu telah memberikan ragam pilihan kendaraan untuk para konsumen Indonesia, mulai dari segmen Low Cost Green Car (LCGC), MPV, SUV, hingga model pikap.

Disebutkan, Daihatsu juga menarik perhatian bagi para first buyer atau seseorang yang baru pertama kali membeli mobil. Hal ini dikarenakan harga yang ditawarkan cukup terjangkau.

Daihatsu Buka-bukaan soal Rencana Kenaikan Harga Mobil LCGC

Rokky Irvayandi selaku Head of Domestic Marketing Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menyampaikan sebanyak 70 persen penjualan dari Daihatsu merupakan first buyer.

Mobil buatan Daihatsu Indonesia

Photo :
  • Dok: ADM
Ada Daihatsu Xenia Baru di GIIAS 2024

"Daihatsu menguasai market share 36 persen untuk kategori mobil di bawah Rp300 jutaan. Tercatat, pembeli kami lebih dari 70 persen merupakan first buyer, orang yang pertama kali beli mobil," ujarnya dikutip VIVA dalam acara Astra Media Day 2024, di Jakarta.

Menariknya, Rokky mengungkapkan bahwa rata-rata pembeli pertama dari mobil Daihatsu ini sebelumnya merupakan para pengguna motor yang ingin beralih menggunakan kendaraan roda empat.

"70 persen first time buyer tersebut sebagian besar datang dari masyarakat yang beralih dari menggunakan sepeda motor sebanyak 86 persen dan 14 persen sisanya adalah pengguna transportasi umum," ungkapnya.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang membuat para pembeli pertama ini menginginkan mobil Daihatsu sebagai kendaraan roda empat perdana mereka.

"Kalau kita lihat lagi, sebenarnya mereka apa sih yang diinginkan? Aspirasi mereka mau memiliki mobil dengan harga terjangkau, irit, suku cadang gak susah nyarinya, kualitasnya oke, serta resale value-nya tinggi," jelas Rokky.

Ia pun menegaskan, bahwa pihaknya akan berusaha untuk tetap menghadirkan pilihan mobil harga terjangkau agar bisa memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia.

"Kami percaya segmen (mobil harga terjangkau) akan terus tumbuh seiring dengan peningkatan ekonomi nasional. Terutama, rasio kepemilikan mobil di Indonesia masih cukup rendah dibanding negara Asean lainnya," tutupnya.

Daihatsu Sigra

City Car Banting Harga di GIIAS 2024, Ada Diskon hingga Rp32 Juta

Pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2024, city car menjadi salah satu segmen yang turut mencuri perhatian pengunjung karena diskon menarik.

img_title
VIVA.co.id
27 Juli 2024