Neta X Akhirnya Mulai Diproduksi di Bekasi, Harga Resmi Menyusul

Produksi mobil listrik Neta X di Indonesia
Sumber :
  • Neta Auto Indonesia

Jakarta, VIVA –  Setelah diperkenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, Neta X mulai diproduksi di Indonesia. PT NETA Auto Indonesia akan segera mengumumkan harga resmi sekaligus launching di bulan ini.

Viral Pemilik MG 4 EV Tak Boleh Ngecas di Dealer Resmi, Ini Kata MG Indonesia

Ini menjadi produksi perdana Neta X secara Completely Knocked Down (CKD), melalui upacara simbolis line-off celebration yang diadakan pada hari Jumat 13 September 2024 di pabrik PT Handal Indonesia Motor, Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat. 

Hebatnya, Indonesia merupakan negara pertama di luar China yang bisa memproduksi Neta X. Hal ini tentunya merupakan sebuah catatan tersendiri bagi pabrikan kendaraan listrik tersebut, setelah sebelumnya melakukannya pada Neta V-II.

Masih Banyak Konsumen Ragu Gunakan EV, Ini Kata MG

Mobil listrik Neta X

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhammad Indra Nugraha

"Kami dapat merealisasikan salah satu komitmen dan rencana strategi kami dalam mengembangkan lini produk kami untuk pasar mobil listrik di Indonesia dengan meresmikan produksi lokal Neta X secara CKD," ujar Liu Lei, Vice President of Overseas Business NETA Auto, dikutip dari keterangan resminya.

Kapan Chery Bangun Pabrik Sendiri di Indonesia?

Neta X sendiri sudah memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri
(TKDN) sebesar 44 persen, dengan tahap awal kapasitas produksi Neta sebanyak 27.000 unit per tahun. Lebih lanjut, Neta berkomitmen untuk terus meningkatkan kandungan lokal dari
mobil listrik yang diproduksi di Indonesia.

Yang menghasilkan buah kerja sama strategis dengan PT Gotion Green Energy Solutions Indonesia untuk penyediaan baterai mobil listrik NETA, dengan tujuan meningkatkan pengembangan komponen lokal hingga mencapai standar dan persentase TKDN yang lebih tinggi ke depannya.

Mobil listrik Neta X

Photo :
  • Neta Auto Indonesia

"Kami optimis kolaborasi ini dapat menghasilkan mobil listrik berkualitas dengan komponen lokal yang memenuhi regulasi pemerintah. Sehingga ke depannya dapat mendorong perkembangan industri komponen dalam negeri,” ungkap Peter Zhang, Managing Director Neta Auto Indonesia.

Soal spesifikasi, mobil ini ditenagai oleh motor 120 kW, torsi 210 Nm, dan baterai 63,56 kWh yang menawarkan jarak hingga 480 km per pengisian, SUV ini tersedia dalam empat warna: Glacier Blue, Jet Black, Sky Grey, dan Pearl White.

Fitur-fitur utamanya termasuk smart driving ADAS, DC Charge untuk pengisian yang efisien, dan Vehicle to Load (V2L) untuk aktivitas luar ruangan. Neta X diperkirakan bakal dijual dengan harga mulai dari Rp460 juta hingga Rp490 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya