BYD M6 Sudah Ditunggu Ribuan Orang, Tapi Diler Baru Terima Unit Segini

BYD M6 di GIIAS 2024
Sumber :
  • Arianti Widya

VIVA – BYD M6 menjadi MPV listrik pertama di Indonesia yang resmi diluncurkan oleh PT BYD Motor Indonesia di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2024 di ICE, BSD, Tangerang.

Bukan Peduli Lingkungan, Ini Alasan Utama Orang Beli Mobil Listrik

Selama pameran berlangsung, pada 18-28 Juli 2024, BYD M6 menorehkan ribuan SPK (surat pemesanan kendaraan), lebih laku dari tiga model yang lebih dulu dipasarkan, yaitu BYD Dolphin, Atto 3, dan Seal.

BYD M6

Photo :
  • VIVA/Krisna Wicaksono
Cuma Jualan Mobil Listrik, Berapa Banyak yang Beli Brand Ini di Indonesia

"Perolehan order total produk (dalam waktu 11 hari) 2.920 unit, lebih dari 50 persen BYD M6,” ujar Head of Marketing Luther Panjaitan di Jakarta.

Untuk menjamin konsumen yang melakukan pemesanan M6 di bulan lalu melalui pameran GIIAS 2024, BYD akan mengganti uang jika inden yang dijanjikan melebihi batas waktu.

Harga Masih Misteri, Chery Klaim iCar 03 Telah Terpesan 150 Unit Lebih

“Betul ada komitmen dari retail bisnis tim kita (diler) kepada customer yang SPK di GIIAS terkait waktu tunggu delivery M6 maksimal 75 hari, dan bisa lewat ada kompensasi senilai uang,” kata Luther.

Artinya masih ada waktu dua bulan setengah sejak peluncuran, atau sekitar Oktober 2024, buat BYD menepati janjinya kirim semua unit tersebut ke tangan konsumen. Lalu sudah berapa banyak yang masuk Indonesia?

BYD M6 masih berstatus impor dari China, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, atau Gaikindo, produsen baru mengirimkan unit ke jaringan dilernya sebanyak 352 unit dalam dua bulan.

Tercatat Juli 40 unit, dan Agustus 312 unit. Artinya jika semua unit M6 tersebut memang disediakan untuk dikirim ke konsumen, maka BYD masih punya hutang sekitar 2.568 unit menyesuaikan jumlah SPK di GIIAS.

Dengan begitu masih ada bulan depan kesempatan jenama asal Tiongkok itu menyerahkan unit yang sudah dipesan konsumen, agar tidak memberikan denda ganti rugi.

Tapi umumnya ratusan unit yang masuk tersebut juga digunakan sebagai display diler, atau keperluan test drive, sehingga tidak semuanya diperuntukkan bagi konsumen.

Soal harga, BYD M6 Standar dilego Rp379 juta, Superior Rp419 juta, dan Superior Captain Seat Rp429 juta on the road. Terdapat empat warna, yaitu Crystal White, Ink Stone Blue, Cosmos Black, dan Harbour Grey.

Semua varian mengandalkan baterai lithium ferrophosphate, atau LFP blade dengan kapasitas berbeda-beda. Untuk tipe Standar dayanya 55,4 kWh dengan jarak tempuh 420 km berdasarkan pengujian NEDC (New European Driving Cycle).

BYD M6 memiliki tenaga 120 kW dan torsi 310 Nm yang disalurkan ke roda depan. Untuk mengajaknya berlari dari diam ke 100 km per jam butuh waktu 10,1 detik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya