Penjualan Mobil Honda Meroket, Ini Model yang Paling Dicari Orang RI

Booth Mobil Honda di GIIAS 2024
Sumber :
  • Honda Prospect Motor

VIVA – Penjualan mobil baru secara nasional dari pabrik ke diler mengalami pertumbuhan di bulan lalu. Seperti yang terlihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, atau Gaikindo.

Tercatat penjualan retail mobil baru sepanjang Agustus 2024 mencapai 76.808 unit, meningkat 1,6 persen dari Juli yang hanya 75.608 unit. Hampir seluruh brand mengalami peningkatan, termasuk Honda.

PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai produsen mencatat penjualan mobil baru mereka dari diler ke konsumen di bulan lalu meroket di angka 8.515 unit, naik sekitar 10 persen dari sebelumnya 7.709 unit.

Segmen SUV Jadi Tulang Punggung Penjualan Honda

“Penjualan Honda di bulan Agustus 2024 didukung oleh realisasi dari pameran GIIAS 2024 pada bulan Juli lalu,” ujar Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM, Yusak Billy, dikutip dari keterangannya, Selasa 10 September 2024.

Dari angka tersebut, Honda Brio menjadi model yang paling diburu orang RI, dengan menyumbang penjualan sebesar 53 persen, atau setara 4.558 unit.

Marc Marquez Sebut Honda Perlu Lakukan Ini agar Adik Valentino Rossi Podium

Mobil perkotaan itu pertama kali lahir di Indonesia pada 2012, saat itu statusnya masih impor utuh alias CBU (Completely Built Up) dari Thailand.

Untuk generasi pertama itu ditawarkan dua pilihan mesin, yaitu 1.200cc, dan 1.300cc. Mengingat penjualannya menjanjikan, pada 2013 Brio dirakit lokal oleh HPM di Karawang, Jawa Barat.

Setelah diproduksi di dalam negeri, Brio masuk program pemerintah yaitu KBH2, atau lebih dikenal LCGC (Low Cost Green Car), untuk varian yang meramaikan ceruk pasar itu diberikan nama Satya.

Kini Brio yang dipasarkan adalah generasi kedua yang debut sejak 2018, ditawarkan dengan desain lebih moderen, dan dibenamkan beberapa fitur canggih, seperti kunci pintar, head unit yang bisa terhubung ke smartphone.

Kemudian urutan kedua model terlarisnya di bulan lalu adalah Honda HR-V, yang terjual 1.523 unit, atau meningkat 28 persen dari sebelumnya. SUV kompak itu ditawarkan dengan mesin 1.500cc natural aspirated, dan turbo.

Kemudian WR-V posisi ketiga dengan penjualan 1.127 unit, lalu diikuti BR-V 842 unit, dan All New CR-V yang hadir dalam varian hybrid, dan konvensional terjual 220 unit.

 “Kami bersyukur bahwa model-model favorit seperti Honda Brio dan Honda HR-V terus diminati oleh konsumen dan mendapatkan permintaan yang tinggi hingga saat ini. Kami berharap tren positif ini akan terus berlanjut didukung oleh berbagai pameran otomotif besar yang diselenggarakan di berbagai daerah di Indonesia,” sambung Billy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya