Siap Meluncur di RI MPV Listrik Ini Lebih Lebar dari Innova Zenix dan BYD M6

MPV listrik Geely Aletra EV di Indonesia
Sumber :
  • Screenshot Instagram

VIVA – Indonesia menjadi pasar mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) yang menjanjikan. Kendaraan keluarga yang bisa menampung banyak penumpang itu digemari dari berbagai segmen.

Toyota Klaim Innova Zenix Hybrid Bioetanol Punya Banyak Kelebihan

Tidak heran jika setiap produsen memiliki produk serupa, mulai dari brand Jepang, Korea Selatan, hingga China. Saat ini mobil MPV yang beredar memiliki desain, dan powertrain yang beragam.

MPV listrik Maple 80V atau Aletra EV

Photo :
  • Istimewa
Paus Fransiskus Pakai Innova Zenix, Bos Toyota: Bukan Endorse

Jika sebelumnya hanya ditawarkan dengan mesin pembakaran, kini mobil yamg bisa mengangkut 7-penumpang, atau 6-penumpang tersebut dibekali teknologi hybrid, mild hybrid, hingga listrik berbasis baterai.

Untuk produk yang menggabungkan mesin bensin dengan tenaga listrik salah satu yang terlaris adalah Kijang Innova Zenix HEV (Hybrid Electric Vehicle), sedangkan versi EV (Electric Vehicle) ada BYD M6.

Punya Uang Segini Bisa Kredit Innova Zenix yang Dipakai Paus Fransiskus

Melihat kesuksesan BYD M6 sebagai pendatang baru, diam-diam akan hadir lagi merek baru yang menjadi pesaingnya. Merek tersebut adalah Aletra yang berada di bawah naunan Geely.

Melalui Instagram Aletra Cars Indonesia, model pertama mereka pasarkan sudah bocor melalui foto dan video siluetnya. Bentuknya terlihat seperti MPV yang masih satu platform dengan Livan Maple 80V.

Secara dimensi, MPV listrik Geely itu memiliki panjang 4.706 mili meter, lebar 1.909 mm, dan tinggi 1.699 mm, dengan arak poros roda depan ke belakang 2.700 mm.

Menariknya di negara asalnya, mobil keluarga ramah lingkungan itu juga ditawarkan dengan konfigurasi captain seat di baris kedua, serupa dengan Kijang Innova Zenix Hybrid.

VIVA Otomotif: Toyota Innova Zenix di pameran IIMS 2023

Photo :
  • Dok: TAM

Adapun Innova Zenix panjangnya 4.755 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.795 mm, dan jarak poros roda depan ke belakang 2.850 mm. Di atas kertas, Aletra EV lebih lebar dari mobil hybrid yang pernah ditumpangi Paus Fransiskus.

Begitupun BYD M6, karena MPV listrik terlaris di Indonesia itu memiliki panjang 4.710 mm, lebar 1.810 mm (selisih 99 mm dari Aletra), dan tinggi 1.690 mm (selisih 9 mm), tapi jarak poros rodanya lebih lebar, yaitu 2.800 mm.

Livan Maple 80V merupakan MPV listrik yang dikembangkan dari Geely Jiaji. Kini mobil pelahap seterum itu akan memiliki nama berbeda untuk pasar Indonesia, yaitu Aletra EV.

Di negara asalnya Maple 80V dibanderol 161,700 yuan, atau setara Rp353,757 juta sampai 178,700 yuan atau Rp390,948 juta. Artinya jika tidak ada kenaikkan saat dipasarkan di Tanah Air, menjadi pesaing ketat BYD M6.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya