Bedah Ubahan Pada Toyota Fortuner Terbaru, Dapat Fitur WiFi Hotspot

Toyota Fortuner Terbaru
Sumber :
  • Arianti Widya

Jakarta, VIVA –PT Toyota-Astra Motor (TAM) secara resmi meluncurkan Fortuner terbaru dengan berbagai pembaruan yang disematkan. Mobil jenis SUV ini telah dibekali dengan tampilan yang lebih sporty, dan fitur-fitur canggih.

Terpopuler: Komparasi Daihatsu Terios vs Toyota Rush, Motor Biang Kerok Macet Puncak

Toyota Fortuner terbaru ini tersedia dalam dua pilihan penggerak, yakni 4x2 dan 4x4. Masing-masing varian memiliki pilihan mesin berbeda, termasuk opsi GR Sport, dan tersedia dalam pilihan mesin dan diesel.

Anton Jimmy Suwandy selaku Direktur Pemasaran PT TAM mengungkapkan beragam pembaruan tersebut disesuaikan berdasarkan kebutuhan konsumen.

Terpopuler: Harga Mobil Listrik Turun, Impresi Toyota Fortuner Baru

"Ini melihat desain mobil dan juga prioritas dari improvement memang dari sisi penggunaan konsumen meminta tiga hal. Pertama penyegaran desain, kemudian fitur seperti TSS (Toyota Safety Sense), dan kemampuan performa," ujarnya dikutip VIVA di Jakarta.

Toyota Fortuner Terbaru

Photo :
  • Arianti Widya
Komparasi Harga Si Raja Jalan Fortuner Terbaru vs New Pajero Sport

Beralih ke desain mobil, untuk eksterior, seluruh varian mendapatkan ubahan pada bagian depan dan belakang, di mana bumpernya dibuat lebih gahar. Ada juga perubahan pada gril dan pelek  yang memiliki desain berbeda pada masing-masing varian.

Khusus untuk varian 4x4, terdapat pembaruan di bagian lampu dengan desain lapis tiga, sequential rear turn signal, dan kaliper rem baru.

Kemudian untuk versi GR-S di varian 4x4, ada sentuhan khusus lain seperti penyematan emblem GR Sport, pelek yang lebih sporty, backdoor garnish khusus, dan cermin digital di kabin dengan digital video recorder atau DVR.

Untuk interior, varian 4x4 GR-S mendapatkan ubahan paling dominan. Varian ini memiliki aksen jahitan merah di dasbor dan jok, serta material suede dan kulit pada jok.

Sementara varian lainnya, termasuk penggerak 4x2, masih menggunakan konsep interior yang sama seperti sebelumnya.

Terkait fitur hiburan, Toyota Fortuner terbaru ini sudah disematkan dengan Rear Seat Entertainment dengan layar 11,6 inci beresolusi tinggi, yang beroperasi secara mandiri seperti tablet dan sudah dilengkapi aplikasi streaming OTT.

Interior Toyota Fortuner terbaru

Photo :
  • Arianti Widya

Semua varian kecuali G, kini dilengkapi dengan New Digital Rear Mirror yang memiliki DVR tau dasham.

Menariknya, Toyota Fortuner terbaru mendapatkan fitur tambahan dalam paket T-intouch, yakni Remote Immobilizer dan in-car wifi hotspot.

Teknologi tersebut melengkapi fitur lain seperti find my car, stolen vehicle tracking, guest driver alert, geofencing, vehicle info, speed dan idle alert dan time fencing.

Khusus fitur in-car wifi hotspot, fitur tersebut menggunakan jaringan broadband 4G/LTE Telkomsel yang membuat penumpang bisa internetan di kendaraan. Koneksinya digratiskan di tiga bulan pertama dan bisa diakses melalui head unit dan RSE.

Selain varian SRZ dan VRZ basic, kendaraan tersebut juga memiliki Toyota Safety Sense yang meliputi pre-collision system, dynamic radar cruise control, lane departure alert, rear cross traffic alert dan blind spot monitor.

Mesin Toyota Fortuner Terbaru

Photo :
  • Arianti Widya

Menyoal performa, Toyota Fortuner baru varian 4x2 2.7 SRZ menggunakan mesin 2TR empat silinder Dual VVT-I dengan kapasitas 2.694cc yang mampu menghasilkan tenaga 163 PS dan torsi 245 Nm.

Sementara varian 4x2 2.8 VRZ mengadopsi mesin 1GD-FTV bersilinder empat VNT Intercooler 2.755cc dengan semburan daya 203 PS dan torsi 500 NM.

Sedangkan varian 4x4 2.8 VRZ dan GR-S, keduanya sama-sama menggunakan mesin 1GD-FTV empat silinder VNT Intercooler dengan kapasitas 2.755cc yang mampu menciptakan tenaga 203 PS dan torsi 500 Nm. Spesifikasi tersebut kurang lebih sama dengan 4x2 2.8 VRZ.

Berkaitan harga, New Fortuner dibanderol mulai Rp614 juta untuk tipe 2.7 SRZ, hingga Rp761,7 juta untuk tipe tertinggi 2.8 GR-S.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya