Kisah di Balik Pemilihan Toyota Innova Zenix untuk Paus Fransiskus

Toyota Kijang Innova Zenix yang ditumpangi Paus Fransiskus di Indonesia
Sumber :
  • Toyota Indonesia

Jakarta, VIVA – Ada kisah menarik di balik pilihan Paus Fransiskus menggunakan Toyota Innova Zenix selama kunjungannya ke Indonesia. Mobil yang dikenal sebagai "mobil rakyat" ini menjadi kendaraan pilihan sang pemimpin tertinggi Gereja Katolik.

Jadi Jaminan Keamanan Penerbangan Paus Fransiskus ke Papua Nugini, Dirut Garuda: Ada Obrolan Rahasia

Menariknya, bukan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang mengusulkan, melainkan permintaan langsung dari Paus Fransiskus.

Presiden Direktur TMMIN, Nandi Julyanto menjelaskan bahwa Toyota tidak pernah menyodorkan mobil tersebut kepada panitia penyambutan Paus Fransiskus.

Kunjungi Singapura, Paus Fransiskus Serukan Gaji Layak untuk Para Pekerja Migran

"Sebenarnya bukan kami yang mengusulkan mobil itu, tapi beliau yang memilih untuk menggunakan istilahnya 'mobil rakyat'. Mobil yang banyak dipakai rakyat Indonesia itu, karena beliau tinggi besar, memang ini ada yang sudah legenda. Panitia yang memilih," ujarnya, dikutip VIVA Sabtu 7 September 2024.

Paus Fransiskus dijemput mobil Innova Zenix (Doc: Livestream KWI)

Photo :
  • VIVA.co.id/Natania Longdong
Momen Kunjungan Paus Fransiskus Makin Sempurna dengan Bantuan Teknologi AR

Paus Fransiskus memang dikenal dengan pilihan-pilihan sederhana dalam aktivitas kesehariannya, termasuk kendaraan. Ketika Paus meminta mobil yang biasa digunakan masyarakat Indonesia, panitia memutuskan untuk memilih Toyota Kijang Innova Zenix. Bagi TMMIN, keputusan ini membawa kebanggaan tersendiri.

"Tentu bangga dong, berkah ya kan, dipakai tokoh agama ternama," lanjut Nandi dengan antusias.

Menariknya, meski menjadi kebanggaan besar, TMMIN menegaskan bahwa mereka tidak terlibat dalam pemilihan mobil ini.

“Kami mana berani, kami enggak endorse ya. Itu panitia penyambutan Paus Fransiskus, kan beliau mintanya pakai mobil yang banyak dipakai masyarakat Indonesia, dan dipilih Kijang Innova,” jelas Nandi.

Bob Azam, Wakil Presiden Direktur TMMIN, turut menegaskan bahwa TMMIN tidak terlibat dalam proses pemilihan mobil untuk Paus Fransiskus.

"Kami menyodorkan enggak berani lah. Kami bukan panitia," tegas Bob.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya