Senjata Toyota Fortuner Baru Untuk 'Membunuh' Mitsubishi Pajero Sport

Toyota Fortuner Terbaru
Sumber :
  • Arianti Widya

VIVA –  PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Toyota Fortuner baru, Jumat 6 September 2024. Mobil SUV rakitan lokal tersebut dibuat lebih canggih dari Mitsubishi Pajero Sport sebagai pesaingnya.

Lintasi Offroad, Ini Impresi Duduk di Kursi Penumpang Fortuner Terbaru

Ada beberapa poin yang membuat Fortuner baru lebih canggih dari Pajero Sport. Pertama dari teknologi keamananan yang disebut Toyota Safety Sense (TSS), dan kedua sistem konektivitas melalui internet.

Toyota Fortuner Terbaru

Photo :
  • Arianti Widya
Toyota Angkat Bicara Soal Marak Aksi Pengemudi Fortuner Arogan

“Aspek safety kami tingkatkan melalui TSS, selain itu Fortuner baru ini menjadi model pertama advanced konektivitas Toyota T-Intouch,” ujar Wakil Presiden Direktur PT TAM, Henry Tanoto, dikutip, Sabtu 7 September 2024.

Peningkatan fitur di dalam TSS tersebut dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan, dan mempermudah pengemudi ketika berkendara dalam kondisi tertentu, karena dibekali sejumlah sensor, dan kamera.

Alasan Toyota Fortuner Baru Belum Dibekali Sunroof

Fitur-fitur yang dimaksud meliputi Active safety features yang dipasang adalah Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), dan Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

Selain itu, varian tertinggi Fortuner baru sudah ditanam jaringan internet yang diberikan gratis selama 3 bulan dengan kuota 150 Gigabyte. Dengan begitu, mobil dapat terhubung dengan aplikasi khusus Toyota di smartphone.

Selain untuk menikmati aplikasi secara online di head unit, berupa musik, hingga penunjuk arah. Lalu ada hal lain yang mempermudah pengemudi saat mobil terhubung dengan jaringan internet.

Jika pemilik sudah menghubungkan Fortuner baru itu dengan aplikasi T-Intouch di smartphone, maka mobil bisa diperintah dari jarak jauh, salah satunya mematikan mesin hanya dari layar handphone.

Teknologi canggih itu menjadi senjata Fortuner baru untuk membunuh Pajero Sport, sehinga produsen mobil Toyota itu yakin jika model facelift tersebut bisa terjual lebih banyak dari versi sebelumnya.

Marketing Direktur PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, mengatakan, market share Fortuner saat ini sudah di atas 40 persen, sehingga perlu dipertahankan, namun akan ikut meningkat jika permintaan melonjak.

“Jadi kalau marketnya naik, kita akan ikut naik market sharenya. Fortuner itu kan 1.000 per bulan, jadi market sharenya itu 40 persen, jadi penjualan kita 2.000 unit per bulan (target model baru),” tutur Anton.

Selain teknologi, Toyota menawarkan Fortuner baru tipe 4x4 dengan mesin 2.800cc diesel yang dilengkapi bodi kit GR Sport, dan mendapatkan spesial tuning dari sektor suspensi, dan kaliper pengereman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya