Toyota Fortuner Baru Meluncur Hari Ini, Hyundai Siapkan Sante Fe Baru

Toyota Fortuner Legender
Sumber :
  • Gaadiwaadi

VIVA – PT Toyota Astra Motor (TAM) akan meluncurkan Toyota Fortuner baru, Jumat 6 September 2024, siang ini di Jakarta. Mobil SUV tersebut wajar mendapatkan penyegaran, karena sudah dua tahun dibiarkan begitu saja.

Toyota Angkat Bicara Soal Marak Aksi Pengemudi Fortuner Arogan

Terakhir produsen mobil Toyota itu merilis Fortuner varian baru dengan mesin berkapasitas 2.800cc diesel pada 2022, sekaligus mengubah indentitas TRD Sportivo pada tipe tertinggi menjadi GR Sport.

Setelah jalan dua tahun, Fortuner yang mengalami perubahan total pada 2016 itu akan diberikan penyegaran tahun ini. Informasi tersebut didapat dari undangan resmi yang diterima Viva Otomotif.

Alasan Toyota Fortuner Baru Belum Dibekali Sunroof

Ubahan eksteriornya diduga mirip Fortuner Legender di pasar Thailand yang hadir sejak 4 tahun lalu, artinya tampilan SUV itu akan lebih sporti dari versi sebelumnya, dna terlihat leih garang. 

Fortuner Legender mengalami ubahan desain lampu depan dengan penerangan utama LED bi-proyektor. Grill lebih besar dengan desain baru, dan tambahan DRL (daytime running light) di bumper bawah.

Toyota Fortuner Facelift Launched in Indonesia, Now with New Advanced Features

Thailand menjadi negara pertama yang meluncurkan Fortuner baru, sejak Juni 2020. Selain berubah dari sektor penampilan, SUV tersebut memiliki varian baru bernama Legender dengan mesin 2.800cc.

Enjin tersebut memiliki tenaga maksimalnya mencapai 240 PS, dan torsi 500 Nm di putaran 1.600-2.800 rpm. Demi mengurangi kebisingan, atau getaran yang bisa masuk ke kabin, Toyota membenamkan balance shaft.

Saat ini di Indonesia Fortuner memiliki 3 pilihan mesin, yaitu diesel berkapasitas 2.400cc dan 2.800cc, serta bensin 2.700cc.

Fitur-fitur canggih juga akan bersarang di dalam Fortuner baru, bocorannya seperti Toyota Safety Sense (TSS) di dalamnya semakin lengkap dari versi sebelumnya, lalu teknologi konektivitas, serta penyegaran di interior.

Namun bukan hanya Toyota yang sibuk mempersiapkan Fortuner baru, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) juga sedang mempersiapkan All New Santa Fe sebagai pesaing ketat Fortuner di pasar global.

Bahkan beberapa kali Sante Fe generasi terbaru terciduk sedang uji coba di jalan Indonesia dalam selubung kamuflase, dan harga dasar dari produk barunya tersebut juga sudah didaftarkan di Samsat DKI Jakarta,

Berdasarkan Badan Pendapatan Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, diam-diam Hyundai sudah mendaftarkan dua model baru dalam kategori Jeep di NJKB (Nilai Jual Kendaraan Bermotor) produk mereka.

Selain Hyundai Tucson baru, jenama berlogo H miring tersebut juga mendaftarkan All New Santa Fe dengan kode NSNTAFE, terbagi menjadi tiga varian dengan harga dasar yang berbeda-beda.

Untuk kode NSNTAFEG2.5 2ACLGRPY memiliki NJKB Rp432 juta, NSNTAFEG2.5 2ATPRIME Rp425 juta, dan NSNTFEG16THEV 2ACGRPY dengan harga dasar Rp445 juta.

Jika berkaca dari nilai dasarnya, diduga mobil SUV terbaru berlogo H miring itu bisa dijual Rp500-600 jutaan saat sudah dihitung dengan pajak, dan keuntungan perusahaan. 

Artinya bisa menjadi pesaing ketat Fortuner, terutama untuk tipe terendah yang saat ini harganya sudah mencapai Rp573,700 juta, dan tertinggi sampai Rp745,350 juta, diduga untuk model barunya yang meluncur siang ini akan memgalami kenaikkan harga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya