Ini Daftar Mobil yang Digunakan Paus Fransiskus dalam Tur Kenegaraan

Paus Fransiskus melambaikan tangan.
Sumber :
  • ANTARA/Dhemas Reviyanto

Jakarta, VIVA – Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus kerap melakukan kunjungan kenegaraan dengan tujuan untuk mempromosikan perdamaian, dialog antar agama, dan keadilan sosial di seluruh dunia.

Sumber Ledakan di Pasar Comboran Malang Diduga dari 11 Mobil Warga yang Ikut Terbakar

Pada setiap kunjungannya, salah satu hal menarik untuk diulas ialah kendaraan yang digunakan oleh Paus Fransiskus selama tur kenegaraan yang ia lakukan.

Biasanya setiap kunjungan kenegaraan, Paus Fransiskus menggunakan dua tipe kendaraan yang berbeda. Satu mobil untuk transportasi mobilitas selama kunjungan, satu lagi disebut sebagai popemobile yang digunakan untuk bertemu umatnya.

Penampakan Mobil Harun Masiku yang Ditemukan Terparkir oleh KPK

Baru-baru ini, Paus Fransiskus mengunjungi Indonesia selama beberapa hari. Dalam kunjungan ini, ia menggunakan kendaraan Toyota Innova Zenix sebagai transportasi mobilitas di Tanah Air.

Berdasarkan penelusuran VIVA, berikut ini daftar mobil yang digunakan oleh Paus Fransiskus saat melakukan kunjungan ke beberapa negara:

Jadi Jaminan Keamanan Penerbangan Paus Fransiskus ke Papua Nugini, Dirut Garuda: Ada Obrolan Rahasia

1. Brasil (2013) - Fiat Idea

Saat kunjungannya ke Brasil pada 2013 lalu, Paus Fransiskus menggunakan sebuah mobil MPV, bernama Fiat Idea.

Kendaraan ini dilengkapi dengan mesin 1.4 liter, yang menawarkan keseimbangan antara performa dan efisiensi bahan bakar.

2. Korea Selatan (2014) - Kia Soul

Paus Fransiskus mengunjugi Korea Selatan pada 2014 silam. Dalam kesempatan ini, ia menggunakan sebuah mobil kompak mungil berbentuk kotak, yakni Kia Soul.

3. Kuba (2015) - Fiat 500L

Selama kunjungannya ke Kuba, Paus Fransiskus menggunakan Fiat 500L yang dikenal dengan desainnya yang kompak namun lapang, cocok untuk transportasi perkotaan.

Fiat 500L masuk ke dalam segmen MPV berukuran sedang yang menawarkan kabin luas dengan kapasitas hingga lima penumpang, serta ruang bagasi yang cukup besar untuk menampung barang bawaan.

4. Mesir (2017) - Isuzu D-Max

Bak belakang Isuzu D-Max baru

Photo :
  • Carscoops

Paus Fransiskus sempat mengunjungi Mesir pada 2017 lalu. Selain menggunakan popemobile yang khas, ia juga mengandalkan Isuzu D-Max.

Mobil jenis pikap ini dirancang untuk memberikan performa tinggi dengan mesin diesel berkapasitas 2.5 hingga 3.0 liter, mampu menghasilkan tenaga antara 134-188 hp.

5. Irak (2021) - Toyota Land Cruiser

Selama kunjungannya ke Irak, Paus Fransiskus menggunakan Toyota Land Cruiser. Sebuah mobil off-road yang dikenal dengan ketangguhannya.

Toyota Land Cruiser menggunakan 1VD-FTV 32-katup berteknologi DOHC, Diesel with Intercooler dengan konfigurasi V8 dan berkapasitas 4.5 liter.

Tenaga yang dihasilkan mencapai 235 PS per 3.200 RPM dan torsi hingga 62,8 Kgm per 1.800 RPM.

6. Indonesia (2024) - Toyota Innova Zenix

Toyota Kijang Innova Zenix yang ditumpangi Paus Fransiskus di Indonesia

Photo :
  • Toyota Indonesia

Paus Fransiskus menggunakan kendaraan Toyota Innova Zenix selama agenda kunjungan kenegaraan ke Indonesia.

Kijang Innova Zenix ini telah mengadopsi platform global TNGA (Toyota New Global Architecture) dengan struktur berpenggerak roda depan serta teknologi Toyota Hybrid System generasi ke-5.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya