Spek Gahar Popemobile Buatan Lokal untuk Paus Fransiskus saat Misa Akbar di GBK

Paus Fransiskus akan menggunakan popemobile Maung MV3
Sumber :
  • PT PIndad

Jakarta, VIVA –  Paus Fransiskus akan menggunakan popemobile Maung MV3 buatan Pindad saat misa akbar di Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis, 5 September 2024. Mobil tersebut akan dinaiki Paus saat menyapa sekitar 90 ribu umat Katolik.

Sumber Ledakan di Pasar Comboran Malang Diduga dari 11 Mobil Warga yang Ikut Terbakar

Maung merupakan kendaraan taktis yang diinisiasi oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Namun untuk mengakomodir kebutuhan mobilitas Paus Fransiskus telakukan dilakukan perubahan di beberapa hal.

Adapun modifikasi dan fitur yang ditambahkan pada Maung MV3 Pope Mobile yaitu penambahan fitur tangga lipat untuk mengakses panggung yang dilengkapi kursi utama di bagian belakang kendaraan, sunroof pada kabin pengemudi, rear step untuk penjaga Paus, roof protector antisipasi hujan, dan kursi belakang yang dapat dilipat untuk asisten Paus.

Penampakan Mobil Harun Masiku yang Ditemukan Terparkir oleh KPK

Paus Fransiskus akan menggunakan popemobile Maung MV3

Photo :
  • PT PIndad

Direktur Utama PT Pindad menyampaikan bahwa penugasan ini merupakan suatu kehormatan bagi PT Pindad karena produk kendaraannya dipercayai oleh Paus Fransiskus untuk mendukung kegiatan Misa Akbar di GBK.

Jadi Jaminan Keamanan Penerbangan Paus Fransiskus ke Papua Nugini, Dirut Garuda: Ada Obrolan Rahasia

“Terimakasih kepada Vatikan beserta panitia kunjungan keagamaan beliau di Indonesia yang telah mempercayai Maung MV3 produksi PT Pindad untuk disesuaikan menjadi Pope Mobile yang digunakan Paus pada Misa Akbar di GBK," ujar Abraham dalam keterangan resminya, Rabu 4 September 2024.

Maung MV3 Pope Mobile berwarna putih dengan logo Maung Pindad di bagian grill depan kendaraan, dilengkapi bendera dan segel Vatikan. Untuk pelat nomornya memakai SCV 1, yang merupakan singkatan dari “Status Latin Civitatis Vaticanae” (Negara Kota Vatikan).

Maung MV3 sendiri merupakan generasi ketiga dan memiliki kelebihan dari segi body tangguh serta dapat bermanuver di berbagai medan ekstrem. Maung MV3 varian Tangguh ini juga lah yang kemudian dimodifikasi untuk mendukung kebutuhan mobilisasi Paus Fransiskus saat Misa Akbar di Indonesia.

Popemobile yang bakal dipakai Paus Fransiskus di Indonesia

Photo :
  • Tangkapan Layar

Spesifikasi umum kendaraan Maung MV3 menggunakan mesin turbo diesel 2.200 cc, mampu melaju pada kecepatan aman 100 km/jam dan memiliki jarak tempuh hingga 500 km. MV3 - Maung Tangguh yang digunakan merupakan varian dengan atap terbuka, dapat mengangkut 4 orang personel. 

Kendaraan ini juga tersedia dengan varian lainnya yakni Maung MV3 Komando yang dilengkapi dengan atap Hard Top, dan Maung MV3 Jelajah yang dilengkapi dengan atap Soft Top.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya