Mobil Innova Zenix yang Dipakai Paus Fransiskus Gunakan Pelat SCV 1, Apa Artinya?

Paus Fransiskus menaiki mobil Toyota Kijang Innova Zenix.
Sumber :
  • Antara Foto

Jakarta, VIVA –  Pemimpin Takhta Suci Vatikan Paus Fransiskus akhirnya tiba di Indonesia kunjungan keagamaan sekaligus kenegaraan atau apostolik, Selasa 3 September 2024. Selama di Jakarta, Paus Fransiskus menaiki mobil Toyota Kijang Innova Zenix.

Jadi Jaminan Keamanan Penerbangan Paus Fransiskus ke Papua Nugini, Dirut Garuda: Ada Obrolan Rahasia

Paus Fransiskus tiba di Bandara International Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pukul 12.26 WIB. Paus sendiri dijemput dengan menggunakan kendaraan sipil, yakni Toyota Kijang Innova Zenix berwarna putih.

Selain itu, hal menarik lainnya, Paus tidak duduk di bangku penumpang bagian belakang, dia memilih untuk duduk di bangku penumpang bagian depan. Tepat bersebelahan dengan pengemudi.

Kunjungi Singapura, Paus Fransiskus Serukan Gaji Layak untuk Para Pekerja Migran

Paus Fransiskus tiba di Kedubes Vatikan

Photo :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

Yang menarik adalah pelat nomor khusus pada mobil Zenix tersebut, yakni bertulis SCV 1. SCV sendiri merupakan singkatan dari Status Civitatis Vaticanae yang artinya Negara Kota Vatikan. 

Momen Kunjungan Paus Fransiskus Makin Sempurna dengan Bantuan Teknologi AR

Sedangkan angka 1 menandakan dirinya sebagai pemimpin atau tokoh yang dihormati. Selain berjumpa dengan pejabat Tanah Air, Paus juga akan menggelar misa akbar bersama 86.000 umat Katolik dari seluruh tanah air.

Nantinya, Paus akan berkeliling stadion untuk menyapa umatnya. Pemimpin Gereja-Gereja Katolik ke-266 tersebut, akan memakai popemobile buatan PT Pindad dengan pelat SCV 1 juga. Mobil berbasis model Maung tersebut disulap untuk kebutuhan Paus Fransiskus. 

Popemobile yang bakal dipakai Paus Fransiskus di Indonesia

Photo :
  • Tangkapan Layar

Berkelir putih, mobil pikap ini di bagian belakangnya disiapkan penutup berwarna cokelat untuk menghindari dari panasnya matahari. Pada bagian belakang juga terdapat pintu dan tangga kecil yang bisa digunakan Paus Fransiskus sebagai akses naik-turun kendaraan.

Maung dapat mengangkut 4 penumpang dan ditenagai oleh mesin diesel berkekuatan 1.900 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 136 tenaga kuda. Mobil tempur ini dapat melaju hingga 650 kilometer (km) dan melaju pada kecepatan maksimal 120 km per jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya