Ini Alasan Kenapa Penumpang Dilarang BAB di Toilet Bus, Melanggar Jadi Petaka

Toilet bus
Sumber :
  • Arianti Widya

Jakarta, VIVA –  Bagi para penumpang bus antar-kota antar-provinsi (AKAP) mungkin sudah terbiasa dengan adanya fasilitas toilet. Akan tetapi, sebenarnya ada aturan dalam menggunakan toilet bus tersebut.

Viral Kecoak Terbang di Gerbong KRL, Auto Bikin Penumpang Teriak Histeris

Sebelumnya viral kejadian penumpang yang melakukan BAB di toilet bus terpaksa membersihkan kotorannya. Parahnya, penumpang itu BAB saat kondisi bus berhenti.

Biasanya pengelola tempat melarang bus untuk berjalan, hingga kotoran tersebut dibersihkan. Perlu diketahui, bus memang tidak memiliki tempat penampungan kotoran manusia.

Transjakarta Bakal Tambah Armada 500 Bus Listrik Akhir Tahun Ini

Baca Juga: Penumpang Ini Terpaksa Bersihkan Kotorannya Usai Ketahuan BAB di Toilet Bus

Toilet bus

Photo :
  • Arianti Widya
Jadi Operator Bandara Terbesar ke-5 Dunia, InJourney Airports Targetkan Ini

Artinya, itu akan terbuang langsung ke bawah mobil atau jalan dan itu cukup ganggu pengguna jalan lainnya. Maka itu, adanya larangan untuk BAB di bus, dan hanya untuk buang air kecil saja dengan catatan bus dalam kondisi berjalan.

Dikutip VIVA Otomotif dari berbagai sumber, saat bus berjalan, maka tekanan udara di bawah bus membantu mendorong kotoran keluar melalui pipa. Tekanan ini tidak ada saat bus berhenti, sehingga kotoran tidak dapat dibuang dengan sempurna.

Lalu jika toilet bus digunakan saat bus berhenti, bau tidak sedap dari kotoran dapat tertahan di dalam bus. Hal ini tentu saja tidak nyaman bagi penumpang.

Maka itu, disarankan bagi para penumpang yang sudah tidak tahan untuk BAB lebih menyampaikan ke kru bus. Agar bus mencarikan toilet terdekat.

Pemudik menggunakan bus.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Belum banyak perusahaan otobus (PO Bus) yang memberikan fasilitas lengkap pada toilet bus. Salah satu yang memperbolehkan BAB di bus adalah bus dari Juragan99 Trans.

Gilang W. Permana selaku CEO Juragan99 Trans menyampaikan fasilitas toilet bus ini menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh perusahaannya. 

"Di semua armada kita toiletnya bisa digunakan untuk BAB. Ini yang tidak dimiliki oleh beberapa fasilitas PO lain," ujarnya.

"Saat perjalanan jarak jauh, kejadian yang tidak diinginkan bisa saja terjadi. Jadi memang semua armada kita itu bisa digunakan BAB dan bisa toiletnya bisa digunakan selama 30 kali ya selama trip," lanjut Gilang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya