Penumpang Ini Terpaksa Bersihkan Kotorannya Usai Ketahuan BAB di Toilet Bus

Arus Mudik, Pemudik Pengguna Bus Sudah Memadati Terminal Kp. Rambutan
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA –  Sejumlah bus AKAP atau Antar Kota Antar Provinsi di seluruh Indonesia, kini sudah banyak yang dilengkapi dengan fasilitas toilet. Namun, masih banyak penumpang yang tak tahu dengan aturan penggunaan toilet di bus.

Profil Nadia Vega, Aktris Cantik yang Viral karena Rumah Mewahnya Terbengkalai 20 Tahun

Jika tidak mengetahui aturan soal toilet bus, maka bisa terjadi pada video yang viral di sosial media belakangan ini. Di mana, seorang penumpang wanita ketahuan melakukan buang air besar atau BAB di toilet bus.

Parahnya lagi, kondisi bus saat itu sedang terparkir di dalam terminal. Alhasil, penumpang tersebut dipaksa untuk membersihkan kotoran yang jatuh ke bawah mobil tersebut.

Viral Video Azizah Salsha Dipeluk Pria dari Belakang Usai Nonton Timnas

Nampak dalam video tersebut, penumpang itu membawa ember besar dan menyiramnya. Dalam narasi video itu, bus tidak akan berangkat jika tidak ada penumpang yang mengaku melakukan BAB di toilet.

"Untung ngaku kalo gk ngaku bus tidak akan berangkat, yang salah bukan bus nya tapi penumpangnya padahal berhenti lama tapi gak bab di toilet. mungkin harus di edukasi lagi tentang fungsi toilet di bis.. semisal ada yg mau BAB bila posisi unit ada di terminal,rest area," bunyi keterangan akun @pras_robin, dikutip VIVA Otomotif, Minggu 1 September 2024.

Viral Remaja India Meninggal Setelah Operasi Batu Ginjal oleh Dokter Gadungan, Modal Nonton Youtube

Video tersebut pun langsung mendapat komentar dari berbagai netizen. Netizen mengatakan jika sudah tidak tahan untuk BAB, lebih melapor ke kru bis tersebut untuk dicarikan toilet terdekat.

"Kalau pengen BAB mending ngomong ke crew nya, biasanya tetap ditunggu. Aku pernah lagi diare, di tol tak suruh berhenti di rest area, daripada BAB di toilet bus, ditungguin sama bus nya," tulisnya.

Aturan Toilet di Bus

Toilet bus

Photo :
  • Arianti Widya

Perlu diketahui, toilet di bus umumnya hanya bisa digunakan buat aktivitas buang air kecil saja. Itu pun dengan catatan, bus dalam kondisi jalan.

Artinya, toilet tidak bisa digunakan buat buang air kecil saat kondisi bus berhenti. Toilet juga tidak boleh digunakan buat buang air besar.

Kejadian viral pernah terjadi, ketika ada penumpang yang BAB saat bus sedang mengisi bensin di SPBU. Petugas keamanan SPBU itu pun langsung melarang bus tersebut untuk melanjutkan perjalanan hingga ketemu pelaku siapa yang BAB di dalam bus.

Jika tidak ada yang ngaku, bus harus membayar denda. Akhirnya penumpang bus memilih untuk patungan membayar denda karena tidak ada yang mau mengaku.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya