Gak Nyangka Ada Honda Jazz Bekas yang Kondisinya Seperti Ini

Honda Jazz RS bekas terasa mobil baru
Sumber :
  • Screenshot Instagram

VIVA – Menemukan mobil bekas dalam kondisi seperti baru cukup sulit, terutama jika modelnya sejuta umat, layiknya Honda Jazz. Mengingat saat masih dijual di Indonesia mobil terebut paling laku di kelas hatchback.

Viral Pria Ngamuk di Diler, Hancurkan Sejumlah Motor

Artinya bukan mobil spesial, atau rare item yang dijaga banget oleh pemiliknya, sehingga sayang-sayang untuk digunakan sehari-hari. Namun siapa sangka, ternyata ada Honda Jazz bekas seperti baru keluar diler.

Seperti yang terlihat dari unggahan video salah satu pedagang mobil bekas dengan akun Instagram @dream_car_auto. Pemilik showroom itu tidak menyangka dengan kondisi Honda Jazz RS lansiran 2020 tersebut.

Segmen SUV Jadi Tulang Punggung Penjualan Honda

“Gue nemu barang goib banget. Percaya enggak kalau lu enggak lihat mobilnya ini secara langsung gue disangka nipu, ini kasus super langka, ini Honda Jazz RS 2020,” ujarnya, dikutip dari tayangan tersebut, Jumat 30 Agustus 2024.

Secara penampilan eksteriornya tidak ada yang aneh, namun terlihat mulus, dan sekilas tidak ada yang lecet di bagian bodi. Tapi yang menjadi perhatian adalah bagian interior, sehingga dianggap langka.

Pada bagian door trim depan, dan belakang masih dibalut plastik, begitupun sistem hiburan, atau head unitnya masih dibungkus plastik. Selain itu, meski umurnya sudah empat tahun, namun jarak tempuhnya rendah.

“Langkanya kenapa? Setelah pintu dibuka kalian bisa lihat plastikan dong, terus kalian bisa lihat dalamnya, head unit full plastik, sampai belakang, joknya dari baru langsung dikulitin, kilometernya 8.900 km,” tuturnya.

Hal lain yang membuat mobil bekas itu spesial, lantaran pemilik tetap mengganti oli mesin secara rutin di bengkel resmi. Bahkan identitas sales yang melayani pembelian mobil tersebut tertata rapih di dalam saku penyimpanan.

“Setiap tahun servis recordnya km 4.000, km 7000. Ini mobil menurut gue kondisinya goib, enggak akan ketemu lagi deh, susah banget, ditambah bukumanual semua lengkap, sampai nomor sales, dan dia beli di man saja lengkap,” sambungnya.

Dengan kondisi tersebut, pemilik showroom itu menjelaskan bahwa harga jualnya berbeda dengan kondisi pada umumnya yang punya catatan odometer normal pemakaian, namun dia menjamin tidak terlalu mahal.

Biasanya dalam satu tahun mobil yang digunakan sehari-hari memiliki jarak tempuh 10-20 ribu km, artinya dalam waktu empat tahun seharusnya Jazz tersebut sudah menempuh jarak sekitar 40 ribu km.

Merangkum dari beberapa platform jual beli online, harga bekas Jazz RS lansiran 2020 di wilayah Jabodetabek saat ini Rp200 jutaan, tergantung kondisi.

Berkaca dari tahun produksinya, artinya Jazz RS tersebut generasi ketiga yang sudah mendapatkan facelift sebelum disuntik mati oleh PT Honda Prospect Motor pada 2021, model dengan kode GK5 itu pertama kali diproduksi pada 2013.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya