Kunci Sukses Toyota Indonesia Bikin Mobil Berstandar Internasional

VIVA Otomotif: Perakitan Toyota Yaris Cross di pabrik TMMIN
Sumber :
  • Dok: TMMIN

Karawang, VIVA – Toyota Indonesia terus menunjukkan komitmennya dalam menghadirkan produk-produk berstandar internasional. Kunci kesuksesan ini terletak pada peningkatan produktivitas, efisiensi, dan efektivitas manufaktur, yang didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas.

Sumber Ledakan di Pasar Comboran Malang Diduga dari 11 Mobil Warga yang Ikut Terbakar

Toyota Indonesia Academy (TIA) memainkan peran penting dalam mencetak SDM unggul di bidang maintenance, logistik, dan quality control.

Pada Kamis, 29 Agustus 2024, TIA berhasil meluluskan 72 ahli bersertifikasi, termasuk 64 lulusan program studi D2 Tata Operasi Perakitan Roda Empat (TOPKR) dan 8 lulusan D1 Teknik Pemeliharaan Mesin Otomasi (TPMO).

Konsumsi BBM Mobil Toyota Ini Setara Motor Matik

Acara wisuda Toyota Indonesia Academy untuk program studi D2 TOPKR dan D1 TPMO

Photo :
  • PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia

Sejak berdiri pada 2016, TIA telah menghasilkan 327 lulusan yang kini bekerja di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan industri otomotif nasional lainnya.

Penampakan Mobil Harun Masiku yang Ditemukan Terparkir oleh KPK

Dengan kurikulum yang mengusung tema "Strengthening Student’s Capabilities to Eliminate Inefficiency in Manufacturing," TIA fokus pada pengembangan teknologi mekatronik dan Toyota Production System.

Acara wisuda Toyota Indonesia Academy untuk program studi D2 TOPKR dan D1 TPMO

Photo :
  • PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia

Metode pembelajaran berbasis proyek serta program magang selama satu tahun juga disiapkan untuk memperkuat keterampilan mahasiswa.

“Kehadiran TIA berperan penting dalam membangun SDM dengan fondasi efisiensi yang kuat. Lulusan TIA mampu bersaing menjawab tantangan industri dan selalu berada di depan perubahan teknologi,” ujar Presiden Direktur PT TMMIN, Nandi Julyanto, dikutip VIVA dari keterangan resmi, Kamis 29 Agustus 2024.

Selain itu, lulusan TIA telah meraih prestasi internasional, termasuk medali emas dan perak di Asia Pacific Skill Contest 2024 di Thailand.

"Masa pembelajaran di TIA menjadi pengalaman berharga karena setiap ilmu yang dipelajari sangat sesuai dengan tantangan dunia kerja," ujar Fikriansyah Putra, lulusan TOPKR dengan IPK tertinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya