Konsumsi BBM Semua Mobil Hybrid Baru Toyota, All New Prius 29 KM per Liter
- Istimewa
VIVA – PT Toyota Astra Motor (TAM) menggelar Toyota Eco Journey selama 3 hari untuk menguji semua mobil hybrid terbaru mereka yang dijual saat ini dengan rute Jakarta-Cirebon-Semarang-Solo-Yogyakarta.
“Supaya dapat memberikan informasi lebih komprehensif terkait hybrid EV Toyota, serta membuktikan keandalannya di medan jalan yang beragam,” ujar Marketing Direktur PT TAM, Anton Jimmi Suwandy, dikutip, Kamis 29 Agustus 2024.
Terdapat 12 unit mobil HEV (Hybrid Electric Vehicle), terbagi menjadi 4 unit Yaris Cross HEV, 3 unit Innova Zenix Q HEV, 1 unit Innova Zenix V HEV, 1 unit All New Alphard HEV, 1 unit All New Vellfire HEV, 1 unit All New Prius HEV.
Selain itu terdapat 1 unit All New RAV4 GR Sport PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle). Lalu gimana hasil konsumsi dari semua mobil hybrid baru Toyota?
Hari pertama, kami mendapatkan Kijang Innova Zenix HEV untuk melakukan perjalanan dari Cilandak, Jakarta Selatan menuju Cirebon. Di dalam mobil berisikan 4 penumpang dengan berat rata-rata 75-80 kilogram.
Perjalanan melewati dalam kota dengan kondisi macet, atau stop and go, serta lancar jaya ketika melewati Tol, dan perjalanan tahap pertama itu finis di Kampung Kecil, Cirebon, dengan jarak tempuh 215,8 kilometer.
Kami tidak menerapkan eco driving, kecepatan diatur sesuka hati tergantung kondisi jalan, alhasil konsumsi bahan bakar MPV yang menggabungkan mesin bensin 2.000cc, dan motor listrik tersebut tercatat 16,9 km per liter, sedangkan dari mobil lain ada juga yang mencatat 19,5 km per liter.
Perjalanan berlanjut menuju Hotel Padma, Semarang dengan mengganti mobil. Kebetulan kami mendapatkan Yaris Cross HEV. Mengingat temanya performa, maka kami maksimalkan menginjak pedal gas.
Yaris Cross HEV yang menggabungkan mesin bensin 2NR-VEX berkapasitas 1.500cc itu tergolong responsive dari putaran bawah. Di atas kertas tenaga dari enjin pembakarannya itu 89,8 dk dan torsi 121 Nm.
Sedangkan motor listrik yang bertugas menggerakkan roda depan di kondisi tertentu itu punya tenaga 59 kW dan torsi 141 Nm. Perpaduan tersebut membuat SUV kompak ini lincah di jalan perkotaan.
Keadaan jalan cukup lenggang untuk mendahului kendaraan lain, dan saat melewati rute menanjak, perpaduan motor listrik dengan enjin pembakaran menyalurkan tenaga ke roda depan terasa sangat baik.
Sesampainya di lokasi tujuan dengan menempuh perjalanan 232,4 kilometer, hasil konsumsi BBM Yaris Cross HEV yang tercatat di panel klaster digital 15,5 km per liter. Namun ada juga tim media lain yang lebih irit, yaitu 23,8 km per liter.
Memasuki hari kedua, kami berkesempatan mencoba All New Vellfire setelah melakukan perjalanan dari Semarang ke Solo menggunakan Innova Zenix HEV.
Perjalanan dimulai dari Resto Mangkunegaran Solo, Surakarta menuju Hotel Tentrem, Yogyakarta. Sempat merasakan menjadi penumpang ala selebritis, atau pengusaha dengan konfigurasi captain seat.
Namun bantingan suspensi Vellfire kami rasa agak keras ketika melewati permukaan jalan yang tidak rata. Sepertinya karena sejumlah perubahan yang dilakukan mulai dari sasis, serta sektor kaki-kakinya.
Vellfire yang dikembangkan dari Alphard generasi keempat menggunakan platform Toyota New Global Architecture, atau TNGA GA-K, dengan rocker dibuat lurus dan penyangga berbentuk V pada kaki-kaki belakang.
Ubahan itu membuatnya lebih rigid 50 persen dari generasi sebelumnya. Suspensi diperbaharui depan MacPherson strut dipadukan double wishbone. Peredam kejut itu secara mekanis menyesuaikan gaya redaman berdasarkan frekuensi getaran dari jalan.
Perjalanan kami menggunakan MPV mewah tersebut melewati dalam kota, dengan total jarak tempuh 65 km, alhasil konsumsi BBM yang tercatat 11,1 km per liter, namun ada juga tim lain yang menggunakan Alphard mendapatkan 15 km per liter dengan tehnik eco driving.
Terakhir adalah All New Prius, waktu kami mencoba mobil ini tergolong singkat. Karena rute perjalanan yang dilalui hanya sekitar 8 km, maka tidak bisa mengukur efisiensi hatchback yang dirilis di GIIAS 2024 tersebut.
Adapun tim dari media lain yang mencoba Prius HEV generasi terbaru itu dari Jakarta-Cirebon berhasil mencatat 29,4 km per liter, namun dengan menerapkan gaya berkendara yang efisien, mengatur kecepatan dengan teratur.
Prius HEV generasi terbaru hadir dengan mesin bensin 2ZR-FXE seperti yang digunakan Corolla Altis, yaitu 1.798cc yang dikombinasikan dengan motor listrik untuk menggerakkan roda depan secara paralel di kondisi tertentu.
Terakhir di hari ketiga, kami mendapatkan kesempatan mencoba All New RAV4 PHEV, perjalanan dimulai dari Jogja Expo Center, menuju Bandara Internasional Yogyakarta dengan menempuh jarak 45 km.
Karena rutenya terlalu dekat, kami tidak melakukan pengujian bahan bakarnya. Namun dari tim lain yang menguji RAV4 PHEV dengan menempuh perjalanan ratusan kilometer mendapatkan hasil di angka 16,4 km per liter.
Dipersenjatai mesin bensin 4 silinder berkapasitas 2.487cc dilengkapi 16 valve DOHC VVT-iE. Tenaga maksimalnya jika dikombinasikan dengan motor listriknya mencapai 301,7 dk, dan torsi puncak 227 Nm di 3.200-3.700 rpm.
Mengingat SUV itu dibekali motor listrik, maka dengan pilihan mode EV mobil bisa sepenuhnya berjalan tanpa perlu bahan bakar, hingga menempuh jarak 65 km, selagi daya baterainya tersedia, dan kecepatan maksimal tenaga listriknya 135 km per jam.