Harga Mobil Listrik Bekas di Korea Selatan Makin Jatuh, Sedikit Pembelinya

Ilustrasi pengecasan mobil listrik Hyundai Ioniq
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

Jakarta, VIVA –  Masyarakat di Korea Selatan masih dipenuhi dengan ketakukan untuk membeli mobil listrik, usai terjadinya insiden kebakaran hebat. Bahkan, kini harga mobil bekasnya saja pada turun drastis di pasaran.

Cuma Jualan Mobil Listrik, Berapa Banyak yang Beli Brand Ini di Indonesia

"Harga mobil listrik jatuh, karena hanya sedikit orang yang ingin membelinya sekarang," kata Cho, pedagang di kawasan Janghanpyeong, bursa mobil bekas terbesar di Korsel, seperti dikutip Nikkei Asia.

Kini, enam dari 10 pemilik mobil listrik memgaku takut bagaimana caranya mengganti rugi korban jika mobil miliknya yang terbakar. Alhasil, permintaan di pasar pun menurun.

Harga Masih Misteri, Chery Klaim iCar 03 Telah Terpesan 150 Unit Lebih

"Konsumen semakin khawatir tentang kendaraan listrik, yang menyebabkan permintaannya di pasar domestik menurun. Permintaan hampir setengah (turun) sejak insiden," ujar Lee Hang-koo, kepala Jeongbuk Institute of Automotive Convergence Technology.

Mobil terbakar di parkiran karena terbakarnya mobil listrik

Photo :
  • nationthailand
Jaksa Jemput Paksa Warga Korea Usai Gelapkan Dana Senilai Rp26 Miliar

Sebelumnya terjadi insiden kebakaran kendaraan listrik (electronic vehicle/EV) di sebuah blok apartemen pada 1 Agustus lalu. Imbas kebakaran tersebut bangunan langsung rusak parah. 
Insiden tersebut berawal dari mobil listrik Mercedes-Benz  EQE 350+ yang terbakar saat diparkir di bawah bangunan tempat tinggal. Imbasnya ratusan mobil jadi korban di parkiran tersebut.

Dikutip VIVA Otomotif dari DW, akibat insiden tersebut banyak yang menjual mobil listrik Mercy EQE di Korea Selatan. Tercatat ada 100 unit lebih yang masuk daftar jual di platform jual-beli mobil bekas populer di Korea Selatan, SK Encar. 

Per 16 Agustus lalu total EQE yang ditawarkan jual di platform itu mencapai 115 unit. Pada platform jual beli mobil bekas lainnya, K Car, tercatat kasus jual mobil listrik meningkat 184 persen pada pekan pertama Agustus ketimbang pekan sebelumnya.

Pemerintah pun kini membuat regulasi baru untuk menghindari insiden kebakaran terjadi kembali. mobil listrik tak lagi diperbolehkan dicas di parkiran basement gedung. Selain itu, mobil listrik juga tak boleh dalam kondisi penuh baterainya saat diparkir. 

Setiap mobil listrik terparkir di basement paling banyak 90 persen. Begitu juga ketika hendak masuk atau berada di area parkir bawah tanah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya