Menhub Dorong Angkutan Perkotaan Gunakan Kendaraan Listrik

Angkot JakLingko
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Jakarta, VIVA – Pemerintah Indonesia terus mendorong penggunaan kendaraan listrik sebagai bagian dari upaya menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan berkelanjutan. Hal ini juga berlaku untuk angkutan perkotaan.

Taktik Telkomsel Lawan Polusi Udara

Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan menyampaikan bahwa pihaknya terus mendorong agar angkutan perkotaan mulai beralih menggunakan kendaraan listrik.

"Pemerintah konsisten menjadikan kendaraan listrik angkutan mayoritas masyarakat. Memang tidak mudah. Oleh karena itu, kami menghimbau angkutan umum perkotaan khususnya, agar menggunakan kendaraan listrik," ujarnya dikutip VIVA melalui keterangan resmi.

Raksasa Otomotif Jepang Terima Bantuan Subsidi untuk EV

Menhub Budi Karya Sumadi saat uji coba Trem Otonom di IKN [dok. BKIP Kementerian Perhubungan]

Photo :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Lebih lanjut, pada gelaran GIIAS 2024 beberapa waktu lalu, Menhub pernah menyampaikan harapannya agar transportasi umum seperti bus bisa berbasis kendaraan listrik untuk menekan tingkat polusi udara.

DPR Sepakat Tambah Anggaran Kemenhub Rp 6,69 Triliun di 2025

Ia pun menjelaskan, bahwa pemerintah telah menerbitkan berbagai regulasi, dan kebijakan guna mendukung percepatan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) untuk transportasi jalan.

Sehingga bukan hanya mobil listrik pribadi, atau jenis penumpang yang menikmati keringanan tersebut, begitu juga dengan bus listrik. Sehingga jika populasi angkutan perkotaan seperti bus listrik semakin banyak, akan membantu menekan emisi.

Adapun, saat ini transportasi umum ramah lingkungan telah diterapkan oleh TransJakarta yang beberapa armadanya menggunakan bus listrik garapan PT VKTR Teknologi Mobilitas Tbk, sebagai anak usaha Grup Bakrie.

Pembangunan pabrik bahan baku baterai mobil listrik di Morowali.

Pabrik Bahan Baterai Mobil Listrik Neo Energy Dibangun, Airlangga Pede Dongkrak Ekonomi Morowali

Pabrik bahan baku baterai mobil listrik mulai dibangun di Desa Buleleng, Kecamatan Bungku Pesisir, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.

img_title
VIVA.co.id
15 September 2024