Harta Berjalan Rano Karno yang Siap Diusung PDIP Jadi Wakil Anies Baswedan

Rano Karno saat memberikan keterangan pers tentang perkembangan Pilkada Serentak 2024 di sela kegiatan bersama seniman di Festival Cisadane, Tangerang, Selasa, 23 Juli 2024.
Sumber :
  • ANTARA/Irfan

VIVA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, atau PDIP kabarnya akan mengusung Anies Baswedan sebagai calon Gubernur DKI Jakarta, dan Rano Karno sebagai wakilnya di Pilkada 2024.

Rano Karno sebagai putra Betawi memiliki karir yang cemerlang di dunia politik. Dimulai sebagai Wakil Bupati Tangerang, berlanjut Wakil Gubernur Banten, lalu Plt Gubernur Banten, dan akhirnya menjadi Gubernur Banten.

Sekarang pemeran tokoh si Doel, dalam film Si Doel Anak Sekolah ini menjadi anggota DPR RI dari fraksi PDIP. Sosoknya memang kental dengan oplet tua berwarna biru, yang dikesankan tua, kuno dan sering mogok.

Namun di luar itu, Rano Karno memiliki harta berjalan, atau koleksi kendaraan yang tergolong mewah. Seperti yang terlihat dari data LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara), pada periode 2023.

Pada tahun lalu harta kekayaan yang dilaporkan ke negara oleh Rano Karno mencapai Rp18,493 miliar. Dari angka tersebut tanah, dan bangunan menjadi penyumbang terbesar Rp13,255 miliar, dan sebagian berasal dari harta berjalan, atau koleksi kendaraannya yang bernilai Rp848,546 juta.

Di dalamnya terdapat 4 unit mobil, yaitu Toyota Alphard lansiran 2017 seharga Rp352,800 juta, Kijang Innova 2017 yang ditaksir Rp135,055 juta, Mitsubishi Pajero Sport buatan 2016 nilainya Rp225,691 juta, dan yang termurah ada Honda Jazz besutan 2015 seharga Rp135 juta.

Artinya Alphard menjadi mobil termewahnya, jika merangkum dari sejumlah sumber, MPV yang kerap Digunakan penggusaha, dan selebriti itu pertama kali masuk pasar Indonesia melalui importir umum, di mana generasi pertamanya dijual mulai 2003 dan diproduksi sampai 2007, atau dengan kode bodi AH10.

Namun untuk model pertamanya masuk RI melalui importir umum, kemudian pada 2008, All New Alphard atau generasi keduanya hadir yang akhirnya dipasarkan secara resmi oleh PT Toyota Astra Motor sebagai produsen brand tersebut. Spesifikasi, dan desainnya berubah total dari sebelumnya.

Selang beberapa tahun kemudian akhirnya pada 2015 Alphard generasi ketiga dengan kode AH30 hadir, dan beberapa kali mendapatkan penyegaran, seperti yang dimiliki Rano Karno. Desain eksteriornya terlihat lebih moderen dengan grill yang lebih besar menjorok hingga ke bawah dengan aksen krom, serta desain bumper yang lebih dinamis dipadukan dengan lampu utama yang mirip eagle eyes serta foglamp disudut bawah.

Secara fitur lebih lengkap dari versi sebelumnya, dan mesinnya lebih besar , yaitu empat silinder berkode 2AR-FE berkapasitas 2.500 cc dual VVTi yang mampu menyemburkan tenaga 180 dk, dan torsi 235 Nm.

Kemudian pilihan mesin keduanya berkapasitas 3.500 cc masih sama dengan generasi kedua. Adapun fitur keselamatan di dalam Alphard yang ditumpangi Mentan Syahrul, meliputi 7 air bag,kamera 360 derajat, rem ABS, EBD, BA, blind spot monitoring, hill start assist, dan lain-lain.

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo Rangkul Semua Parpol "supaya Pemerintahannya Lebih Tenang"